3 Jawaban Roy Suryo atas Tudingan Kemenpora

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menyarankan Roy Suryo segera memberikan klarifikasi jika tidak merasa mengambil barang-barang milik negara.

oleh Maria Flora diperbarui 05 Sep 2018, 20:15 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2018, 20:15 WIB
Roy Suryo
Roy Suryo (Liputan6.com\Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Sejatinya setiap barang yang merupakan milik negara harus dikembalikan pada negara. Terlebih jika sebelumnya dimiliki seorang pejabat setingkat menteri. Maka sebagai bentuk dari tanggung jawab moral, barang-barang tersebut harus dikembalikan.

Belum lama ini isu tersebut berkembang di masyarakat dan viral di media sosial. Dalam surat bernomor 513/SET.BIII/V/2018 tertanggal 1 Mei 2018, Kemenpora meminta  Roy Suryo mengembalikan 3.226 unit barang milik negara. 

Barang-barang tersebut antara lain karpet Turki, antena SHF HF/parabola Jack 7 200, lensa Accam Lens NKN afs 200-400, pompa air, dan kamera digital merek Nikon D3X.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan bahkan menyarankan Roy Suryo segera memberikan klarifikasi jika tidak merasa mengambil barang milik negara tersebut.

Lantas, apa tanggapan Roy Suryo terkait tuduhan tersebut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tidak Logis

Roy Suryo
Roy Suryo (Liputan6.com\Miftahul Hayat)

Dalam berbagai kesempatan, politikus Partai Demokrat besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini kerap membatah jika dirinya telah membawa sejumlah barang milik negara sejak tak lagi menjabat sebagai Menpora.

"Terhadap aset BMN Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebut-sebutkan masih saya bawa? Padahal, tidak sama sekali," kata Roy Suryo dalam pesan singkat kepada merdeka.com, Selasa, 4 September malam.

Menurut Roy, tuduhan tersebut juga dinilai tidak logis. Dalam deretan barang-barang dimaksud Kemenpora yang masih belum dikembalikan, di sana ada peralatan rumah tangga berupa pompa air.

Inilah yang menurut Roy sebagai tuduhan yang tak logis.


2. Pendampingan Hukum

[Bintang] Roy Suryo
Roy Suryo. (Liputan6.com)

Atas tuduhan tersebut, politikus Demokrat ini akan meminta pendampingan hukum dengan menunjuk pengacara.

"Untuk selanjutnya silakan hubungi kuasa hukum saya Bapak M Tigor P Simatupang," ujar Roy kepada JawaPos.com, Rabu (5/9/2018) dini hari.


3. Fitnah

[Bintang] Detik-detik Roy Suryo Diusir dari Sidang Jessica Wongso
Roy Suryo masih terlihat santai mendengarkan kesaksian para ahli di sidang Jessica Wongso ke-21, Kamis (16/9/2016). (Bintang.com/Galih W Satria)

Roy juga beranggapan, surat yang beredar dari Kemenpora adalah sebuah fitnah. Mantan Menpora di era SBY itu juga menyebut tuduhan yang diarahkan pada sarat muatan politik. 

Maka dari itu, Roy memilih kuasa hukum untuk menangani permasalahan tersebut. "Karena fitnah ini sudah sangat politis dan tendensius," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya