Seluruh Keluarga Korban Lion Air Jatuh Telah Serahkan Sampel DNA ke RS Polri

Sejauh ini sudah empat jenazah korban pesawat Lion Air jatuh yang teridentifikasi.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 03 Nov 2018, 15:50 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2018, 15:50 WIB
Keluarga Korban  Pesawat Lion Air Datangi RS Polri
Keluarga korban pesawat Lion Air JT 610 menyerahkan dokumen di Posko Antemortem RS Polri Kramat Jati, Selasa (30/10). Para anggota keluarga itu diperiksa untuk mendukung pemeriksaan antemortem korban insiden pesawat itu. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes Polri Kombes Putut Tjahjo Widodo menyampaikan, seluruh keluarga korban pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat telah menyerahkan sampel DNA ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramatjati, Jakarta.

"Pengumpulan sampel DNA pada antemortem sudah lengkap. Jadi seluruh keluarga dalam manifes sudah diambil sampel DNA-nya," tutur Putut di RS Bhayangkara Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (3/11/2018).

Ada sebanyak 189 sampel DNA keluarga korban Lion Air. Nantinya, setelah hasil DNA korban keluar, Tim DVI akan mencocokkan agar dapat diidentifikasi.

"Total hari ini sudah kita dapatkan 73 kantong dengan 306 sampel DNA postmortem (korban)," jelas dia.

Secara perhitungan hari, hasil DNA korban pesawat Lion Air yang jatuh akan rampung Sabtu malam ini. Itu pun jika sesuai dengan estimasi waktu paling singkat yakni empat hari.

"Penghitungan pemeriksaan DNA itu bukan saat kejadian, tetapi saat sampel masuk ke laboratorium," Putut menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


73 Kantong Jenazah

Masuk hari keenam atau hampir sepekan penanganan insiden pesawat Lion Air jatuh di Perairan Karawang, Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati telah menerima sebanyak 73 kantung jenazah. Keseluruhannya dikirim dari posko pusat di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Hari pertama 24, kedua 24, ketiga 8, keempat 9, dan kemarin tambahan 8 body bag," tutur Kepala Bidang DVI Mabes Polri Kombes Lisda Cancer di RS Bhayangkara Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (3/11/2018).

Menurut Lisda, akan ada lagi sejumlah kantung jenazah yang akan dikirim ke RS Bhayangkara Polri Kramat Jati hari ini.

Sementara untuk DNA dari keluarga, sudah 180 yang diterima petugas. Masih tersisa 9 keluarga lagi yang belum diambil sampel.

"Kemudian untuk kegiatan semalam, telah diserahkan tiga jenazah kepada keluarga. Tiga peti penumpang Lion Air," jelas dia.

Sejauh ini sudah empat jenazah korban pesawat Lion Air jatuh yang teridentifikasi. Mereka adalah Jannatun Cintya Dewi (24), Candra Kirana (29), Munni (41), dan Hizkia Jorry Saroinsong (23).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya