Tak Cuma Prabowo, Jokowi dan SBY Juga Pernah Menegur Saat Pidato

Ketiganya punya alasan menegur saat berpidato yang berbeda-beda.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Nov 2018, 08:24 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2018, 08:24 WIB
Kehangatan Prabowo Subianto Saat Hadiri Rakernas LDII
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berpidato dalam Rakernas LDII di Pondok Gede, Jakarta, Kamis (11/10). Prabowo datang dengan mengenekan kemeja safari cokelat dan peci hitam. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Video saat Prabowo menegur peserta saat ia berpidato di Ponorogo, Jawa Timur, sempat viral. sebenarnya bukan kali itu saja Prabowo menegur peserta.

Hal yang sama juga ia lakukan saat berpidato di Depok, Jawa Barat. Dan tak cuma Prabowo. Sejumlah tokoh lain, seperti, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi juga pernah melakukan tindakan serupa.

Penyebabnya beragam. Berikut petikan momen-momen Jokowi, SBY dan Prabowo menegur peserta acara:

 

 


1. Susilo Bambang Yudhoyono

Jumpa Pers SBY dan Prabowo Subianto
Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberi keterangan pers seusai pertemuan di Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (24/7). Pertemuan ini tindak lanjut dari komunikasi politik Demokrat dan Gerindra jelang Pilpres 2019. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menengur pejabat daerah yang tertidur saat dirinya sedang berpidato dalam acara pembekalan konsolidasi pemerintah di Gedung Lemhannas pada 2008 lalu.

Dengan tegas dia menunjuk pejabat daerah yang tertidur. Spontan ruangan yang berisi pimpinan DPRD, bupati/walikota langsung menegakkan kepala.

"Coba bangunkan yang tidur, yang tidur itu. Kalau mau tidur silakan di luar saja. Seharusnya Anda merasa berdosa pada rakyat. Sebagai pemimpin Anda punya tanggung jawab dan emban amanah rakyat, saat kita bicarakan masalah rakyat kok malah tidur," tegas SBY di hadapan pejabat daerah tersebut.

 


2. Jokowi

Jokowi
Presiden Jokowi memberi pidato saat merayakan Hari Musik Nasional 2017 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di atas podium pernah menegur Menteri Kesehatan Nila Moeloek, serta Direktur Utama BPJS Fahmi Idris terkait defisit BPJS Kesehatan. Jokowi menilai masalah berulang ini berakar pada kesalahan pengelolaan sistem manajemen.

Ia menilai, seharusnya permasalahan BPJS dapat diselesaikan di tingkat Menkes dan Dirut BPJS tanpa perlu sampai ke meja Presiden.

"Mestinya sudah rampunglah di Menkes, di Dirut BPJS. Urusan pembayaran utang RS sampai presiden. Ini kebangetan sebetulnya, kalau tahun depan masih diulang, kebangetan," kata Jokowi

"Ada yang bilang Pak, masih kurang. Kebutuhan bukan Rp 4,9 triliun. Lho kok, enak banget ini, kalau kurang minta, kalau kurang minta. Mestinya ada manajemen sistem yang jelas sehingga kepastian pembayaran RS ini jelas," katanya.

 

 

 


3. Prabowo

Capres Prabowo Sapa Pendukungnya di Jalan Imam Bonjol
Calon Presiden Prabowo Subianto menyapa pendukungnya di sepanjang jalan Imam Bonjol usai pengambilan nomor urut di Gedung KPU Jakarta, Jumat (21/9). Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno mendapat nomor urut 2. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Prabowo Subianto juga pernah menegur kader dan simpatisan karena terlalu 'heboh' dengan kehadirannya di Depok, Jawa Barat. Bahkan, Prabowo kesulitan masuk tempat pertemuan karena antusiasme publik yang luar biasa.

"Duduk. Kalau mau dengar (orasi) yang tertib," katanya sebelum memulai orasi, Minggu (1/4/2018).

Dia juga sempat menegur simpatisan yang terus-menerus berfoto. Mereka memfoto dengan handphone dan berada di depan tamu utama yang duduk di barisan depan.

"Turunkan handphone kalian. Mau dengar saya atau mau foto," ucapnya keras.

Sayangnya teguran itu tidak cepat didengar oleh massa. Sehingga Prabowo sempat menegur berkali-kali. Dia juga menyindir simpatisan yang justru cengengesan atas tegurannya.

"Ini ciri khas bangsa kita. Kalau ditegur malah ketawa," tegurnya.

Reporter: Syifa Hanifah

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya