JK Minta Kerja Sama Maritim di Kawasan Indonesia-Pasific Diperkuat

JK menjelaskan wilayah lautan Indonesia dan Pasific berhubungan dengan baik.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Mar 2019, 18:04 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2019, 18:04 WIB
JK
Wapres Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam acara High-Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) di Hotel Fairmont, Jakarta. (Merdeka.com/Yunita Umbar Prihatin)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK membuka High-Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) di Hotel Fairmont, Jakarta. Dalam sambutannya, JK berharap dalam pertemuan kali ini bisa memastikan perdamaian dan kemakmuran yang berkelanjutan di kawasan Indonesia -Pasific.

"Kita harus terus mengembangkan kerja sama maritim kita. Karena lautan adalah sumber kesejahteraan kita," kata JK di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

JK menjelaskan wilayah lautan Indonesia dan Pasific berhubungan dengan baik. Karena itu muncul kerja sama baru yang menyebabkan pembangunan yang lebih baik terjad. Yaitu pembangunan yang ekuitas.

"Kerja sama Indo-Pasifik kami juga harus berkontribusi pada tujuan global. Terrmasuk pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2030," kata JK.

Dia menjelaskan bagi Indonesia, konsep kerja sama antara Indo-pasifik adalah kerja sama inklusivitas, transparansi, promosi kerja sama konkret dan kebiasaan dialog, serta penghormatan terhadap hukum internasional.

"Pengembangan bentuk-bentuk kerja sama baru ini bukan tidak saling eksklusif atau dimaksudkan untuk menggantikan yang sudah ada," kata JK.

Sebaliknya kata dia, Indonesia membayangkan kerangka kerja sama yang memperkuat mekanisme yang ada. Pada wilayah, ASEAN telah berupaya untuk menyelesaikan "Outlook Indo-Pasifik ASEAN."

"Konsep ASEAN Indo-Pasifik yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi mekanisme regional yang ada. Kami berharap karya ASEAN dapat digunakan sebagai dasar yang kuat untuk pengembangan lebih lanjut wilayah lautan Indo-Pasifik," papar JK.

 

Reporter: Yunita Umbar Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya