Cegah Covid-19, TNI-Polri Semprotkan Disinfektan di Perbatasan RI-Papua New Guinea

Bupati Merauke Frederikus Gebze telah menetapkan daerahnya menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Mar 2020, 08:54 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2020, 08:54 WIB
papua
Personel TNI-Polri menyemprotkan disinfektan di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (24/3/2020). (Puspen Mabes TNI)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 juga mulai menjangkiti wilayah Papua. Karena itu, Pasi Intel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin menyatakan pandemi Covid-19 harus secepat mungkin dilakukan langkah antisipasi.

Salah satunya dengan menyemprotkan disinfektan yang dilakukan bersama sinergitas TNI-Polri dan Jajaran Bea Cukai di Sota, salah satu pos lintas batas negara Indonesia-Papua New Guinea (PNG).

"Hari ini, kami lakukan disinfektasi di wilayah perbatasan RI-PNG, tepatnya di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua," tulis Lettu Inf Asep dalam siaran pers diterima, Selasa (24/3/2020).

Asep menjelaskan, giat ini diawali dengan apel pagi bersama di halaman Puskesmas Sota yang dipimpin Danramil 1707-16/Sota, Mayor Inf Daniel Ngilawane. Kemudian, cairan disinfektan dibuat manual dari campuran Bayclin.

"Kami secara bersama-sama berkeliling melakukan penyemprotan disinfektan di Puskesmas, kantor-kantor instansi pemerintah, Koramil, Polsek, Pos Satgas Pamtas, Tugu Titik Nol Km Merauke-Sabang dan tempat lainnya," terang Lettu Inf Asep.

Ditambahkan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, giat disinfektasi merupakan wujud sinergitas dalam rangka bersama-sama mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di wilayah perbatasan. Menurut dia, Bupati Merauke Frederikus Gebze juga telah menetapkan daerahnya menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona.

"Melalui kegiatan ini kita bersama-sama mengantisipasi penyebaran Covid-19, agar tidak mewabah di perbatasan khususnya di wilayah Distrik Sota," ujar Mayor Inf Rizky.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Disinfektasi Berlangsung 3 Jam

Danramil 1707-16/Sota Mayor Inf Daniel Ngilawane, yang memimpin kegiatan disinfektasi mengatakan, kegiatan itu berlangsung selama kurang lebih 3 jam.

Petugas gabungan dari TNI-Polri, unsur bea cukai PLBN Sota, Puskesmas Sota dan Pemerintah Distrik Sota berkeliling bersama menyemprotkan disinfektan di tempat-tempat umum dan kantor-kantor instansi.

Giat ini akan terus dilakukan secara berkala setiap harinya secara bersama melanjutkan berkeliling melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di perbatasan RI-PNG.

"Khususnya di kampung-kampung wilayah Distrik Sota akan kita sosialisasikan mengenai cara pencegahan virus Corona," beber Mayor Inf Daniel menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya