2 Ular Piton Meliuk di Pohon Dekat Sekolah di Bogor Gegerkan Warga

Dua ekor ular piton meliuk di batang pohon lowa gegerkan warga Sempur Kaler, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (23/10/2020).

oleh Achmad Sudarno diperbarui 23 Okt 2020, 16:21 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2020, 16:10 WIB
Dua ekor ular piton meliuk di batang pohon lowa gegerkan warga Sempur Kaler, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (23/10/2020).
Dua ekor ular piton meliuk di batang pohon lowa gegerkan warga Sempur Kaler, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (23/10/2020).

Liputan6.com, Jakarta Dua ekor ular piton meliuk di batang pohon lowa gegerkan warga Sempur Kaler, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (23/10/2020).

Ular yang diperkirakan panjang 3-4 meter dan 2,5 meter itu terlihat sedang bertengger terpisah di batang pohon lowa.

Posisi pohon diapit antara Sungai Ciliwung dan gedung SDN Sempur Kidul. Di seberang sungai tersebut pemukiman warga Kampung Lebak Kantin.

Temuan dua ekor ular sanca batik itu pertama kali ditemukan warga sekitar pukul 13.00 WIB. Informasi adanya ular tersebut mengundang perhatian warga dan menjadi tontonan anak-anak hingga orang dewasa.

Beberapa warga kemudian turun ke sungai untuk menangkap dua ekor hewan reptil yang bertengger di atas pohon.

Proses evakuasi sempat terkendala oleh tinggi dan rindangnya pohon. Terlebih kondisi pohon menjorok ke sungai sehingga ular tersebut mudah terbawa arus saat terjatuh ke sungai.

Upaya warga akhirnya membuahkan hasil. Setelah menarik ujung dahan pohon dan menggoyang-goyangnya, seekor ular sanca tersebut jatuh ke sungai.

Namun satu dari tiga orang yang sudah menungggu di bawah pohon dengan sigap menangkap ekor ular piton tersebut dan memasukannya ke dalam karung.

Evakuasi ular kembali dilanjutkan. Kali ini ukurannya lebih besar. Namun, ular piton tersebut menghilang setelah jatuh dan terbawa arus. Diduga ular dewasa ini masuk ke dalam lubang di pinggir sungai sekitar 150 meter dari lokasi pohon.

"Satu ekor berhasil ditangkap, satu lagi kabur kebawa air. Sempat kelihatan di sana, tapi langsung hilang, sepertinya masuk ke lubang," ujar Rian, salah satu warga yang ikut menangkap ular itu.

Ia belum mengetahui ular tersebut apakah akan dipelihara atau diserahkan kepada pihak terkait. "Belum tahu nih mau diapakan," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Sering Melihat Piton

Warga di sekitar lokasi mengaku sudah sering melihat penampakan ular jenis yang sama di atas pohon maupun pinggir sungai dekat pemukiman warga.

Beberapa bulan lalu ditemukan ular piton tak jauh dari lokasi saat ini. Ular berukuran 2,5 meter itu ditemukan warga sedang meliuk-liuk di saluran air.

"Sudah tiga kali saya nemuin ular. Terakhir sebelum Covid-19 terlihat di saluran air. Lalu saya tangkap," ujar Khusnul Malikul Ramdani.

Meski tidak merayap ke badan jalan, pemukiman warga atau pun sekolahan, namun keberadaannya cukup membuat warga cemas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya