Dinkes Depok soal Keterisian Ruang Isolasi Covid-19: Sekarang Makin Mencekam

Kota Depok menjadi salah satu daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 naik akhir-akhir ini. Akibatnya, ketersediaan ruang isolasi pasien Corona menipis.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 05 Jan 2021, 18:17 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2021, 18:17 WIB
Penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bekasi Ikuti Tes Swab PCR
Petugas medis mengambil sampel penumpang KRL Commuter Line saat tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Stasiun Bekasi, Selasa, (5/5/2020). Pemkot Bekasi melakukan tes swab secara massal setelah tiga penumpang KRL dari Bogor terdeteksi virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Depok - Kota Depok menjadi salah satu daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 naik akhir-akhir ini. Akibatnya, ketersediaan ruang isolasi pasien Corona menipis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, keterisian ruangan isolasi maupun tempat tidur untuk pasien Covid-19 naik hingga hampir menyentuh angka 90 persen.

"Ya sekarang makin mencekam lah," ujar Novarita, Depok, Selasa (5/1/2021).

Kota Depok memiliki 21 rumah sakit yang melakukan penanganan pasien Covid-19. Pada minggu lalu keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Kota Depok mencapai 80 persen. Namun sepekan kemudian keterisian rumah sakit untuk isolasi pasien Covid-19 hampir menyentuh 90 persen.

"Meningkat terus persentasenya. Sudah 80 persen lebih lah, ya hampir mendekati 90 persen," kata Novarita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Kapasitas

Novarita menjelaskan, Kota Depok memiliki 591 kapasitas tempat tidur dan ICU sebanyak 56 tempat tidur. Keterisian ruang isolasi untuk pasien Covid-19 yang hampir 90 persen merupakan ruangan untuk penanganan pasien Covid-19 kategori sedang hingga berat.

"Ya termasuk ICU di Kota Depok sudah penuh, kan cuma 56 tempat tidur sedangkan yang membutuhkan se-Kota Depok," kata Novarita.

Walaupun keterisian tempat tidur di rumah sakit hampir mencapai 90 persen, lanjut Novarita, namun tidak menanggu pelayanan pasien non-Covid-19. Namun, dia enggan menyebutkan ICU untuk pasien non-Covid-19 masih tersedia banyak di Kota Depok.

"Karena ICU kan sedikit. Saya enggak punya data yang non-Covid-19 ada banyak enggak yang butuh ICU," tutup Novarita.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya