Anton Medan Meninggal Dunia

Anton meninggal dunia di kediamannya di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 15 Mar 2021, 17:08 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2021, 16:49 WIB
20161031-Anton Medan Temui Kapolda Metro Jaya-Jakarta
Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Anton Medan, memberikan keterangan ke awak media di Mapolda Metro Jaya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Jakarta Mantan narapidana yang kini menjadi pendakwah Ramdhan Effendi alias Anton Medan  meninggal dunia. Anton Medan meninggal dunia di kediamannya di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

"Iya Pak Anton Medan meninggal dunia. Beliau meninggal di rumahnya, di Cibinong“ kata Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa (PITI), Ipong Hembiring Putra, Senin saat dihubung (15/3/2021).

Sementara itu, keponakan Anton Medan, bernama Ibrahim juga membenarkan kabar wafatnya Anton Medan.

"Benar, saat ini saya sedang menuju ke lokasi. Beliau meninggal diusia 63 tahun," ucap Ibrahim saat dihubungi Liputan6.com. 

Anton Medan lahir dengan nama Tan Hok Liang, setelah masuk Islam dia mengubah namanya menjadiMuhammad Ramdhan Efendi. Dia menjadi Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) sejak 2012.

Selama menjalani aktivitas dakwah, dia mendirikan rumah ibadah yang diberi nama Masjid Jami' Tan Hok Liang.  Masjid itu terletak di areal Pondok Pesantren At-Ta'ibin, Pondok Rajeg, Cibinong.

Banyak tuduhan-tuduhan yang diarahkan padanya seputar keterlibatannya dalam kerusuhan Mei 1998. Dia juga pernah masuk penjara sewaktu masih menjadi perampok dan bandar judi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya