Bupati Bogor Menduga Banjir Bandang Cigudeg Akibat Tambang Ilegal

Ade Yasin memastikan bahwa Pemkab Bogor berusaha memenuhi kebutuhan para korban banjir bandang di tiga desa Kecamatan Cigudeg tersebut.

oleh Rinaldo diperbarui 19 Mei 2021, 20:58 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2021, 20:58 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau pelaksanaan pengerukan dan bebersih Sungai Cileungsi.
Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau pelaksanaan pengerukan dan bebersih Sungai Cileungsi, Minggu 14 Februari 2021. (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Bupati Bogor Ade Yasin menduga terjadinya banjir bandang di Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akibat pendangkalan sungai dari aktivitas tambang ilegal di wilayah tersebut.

"Saya minta kepala desa, kapolsek dan danramil melaporkan soal aktivitas tambang liar yang menyebabkan pendangkalan sungai ini. Soalnya mereka tidak berizin dan aktivitas tambangnya juga tidak jelas dan pasti merusak ekosistem," ujar Ade Yasin saat meninjau lokasi banjir di Desa Rengasjajar, Cigudeg, Bogor, Rabu (19/5/2021).

Menurutnya, aktivitas tambang pasir dan batu (galian C), menyebabkan pendangkalan di Sungai Cidangder, sehingga tidak mampu menampung debit air saat terjadi hujan lebat di kawasan yang terdiri dari gunung dan bukit tersebut.

Namun, Ade Yasin memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berusaha memenuhi kebutuhan para korban banjir bandang di tiga desa Kecamatan Cigudeg tersebut.

"Kami sudah siapkan juga tenaga medis di posko yang sudah didirikan," ujarnya seperti dikutip Antara.

Ia menyebutkan, hasil dari penilaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, dampak akibat banjir bandang paling parah terjadi di Desa Tegallega dibandingkan dua desa lainnya yang terdampak, yakni Desa Rengasjajar dan Batujajar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Air Masuk ke Permukiman

Peristiwa banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 19.30 WIB pada Senin (17/5/2021) itu disebabkan meluapnya Kali Cidangder. Luapan anak Sungai Cidurian tersebut membuat tanggul pembatas kali jebol, sehingga air masuk ke permukiman.

Air sungai yang merendam permukiman setinggi dada orang dewasa kemudian berangsur surut hingga pukul 22.00 WIB.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya