Sosok Kontroversial Eurico Gutteres yang Terima Tanda Jasa Bintang Utama dari Jokowi

Tokoh kontroversial Eurico Gutteres, pejuang Timor Timur akan menerima penghargaan Tanda Jasa Bintang Utama oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 12 Agu 2021, 20:14 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2021, 15:00 WIB
Sosok Kontroversial Eurico Gutteres.
Sosok Kontroversial Eurico Gutteres. (Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tokoh kontroversial Eurico Gutteres, pejuang Timor Timur akan menerima penghargaan Tanda Jasa Bintang Utama dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Selain Eurico Gutteres, ada pula beberapa nama tokoh lain yang dianugerahi Bintang Mahaputra dan Tanda Jasa seperti mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar serta mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika.

Pria kelahiran Waitame, Uatolari, Viqueque, Timor Portugis pada 4 Juli 1969 silam ini dikenal sebagai tokoh pro-integrasi Timor Timur.

Eurico Gutteres pernah menjabat sebagai Wakil Panglima Milisi pro-Indonesia di Timor Leste dan Anggota DPRD Timor Timur Fraksi Golkar para 1999—2004.

Namun pada 2002, ia dituduh terlibat dalam sejumlah pembantaian di Timor Timur, dan merupakan pemimpin milisi utama pada pembantaian pasca-referendum dan penghancuran Kota Dili.

Eurico pun dinyatakan bersalah dan dijatuhkan hukuman 10 tahun penjara tepat pada November 2002.

Namun pada April 2008, Eurico Guterres mengajukan peninjauan kembali dan dibebaskan dari segala tuduhan melalui keputusan Mahkamah Agung yang menyatakan telah menemukan bukti baru.

Saat ulang tahun ke-13 Partai Gerindra pada Sabtu 6 Februari 2021, Eurico Guterres secara langsung telah bergabung dengan partai pimpinan Prabowo Subianto itu.

Berikut profil singkat Eurico Gutteres, pejuang Timor Timur yang menerima penghargaan Tanda Jasa Bintang Utama dari Presiden Jokowi dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Latar Belakang

Sosok Kontroversial Eurico Gutteres.
Sosok Kontroversial Eurico Gutteres. (Merdeka.com)

Eurico Gutteres lahir pada 4 Juli 1969 di Waitame, Uatolari, Viqueque, Timor Portugis. Ia dibesarkan oleh seorang warga sipil Indonesia lalu dikirim untuk belajar di sekolah Katolik Hati Kudus Yesus di Becora, Dili.

Saat SMA, Eurico putus sekolah dan terlibat dalam kegiatan gangster kecil-kecilan, termasuk menjadi pelindung sebuah tempat judi bola guling di Tacitolu, Dili.

Eurico pernah dipenjara pada 1988 silam usai ditangkap intel militer Indonesia dengan tuduhan terlibat dalam komplotan untuk membunuh Presiden Soeharto yang akan mengunjungi Dili di Oktober 1988.

Dari sanalah lahir pemikirannya dari sebelumnya pro-kemerdekaan Timor Timur kemudian menjadi pendukung setia NKRI.


Jejak Karier hingga Pengalaman

Sosok Kontroversial Eurico Gutteres.
Sosok Kontroversial Eurico Gutteres.

Eurico bekerja sebagai seorang informan untuk Kopassus dan agen ganda terhadap gerakan kemerdekaan hingga dipecat pada sekitar 1990.

Prabowo Subianto pun kemudian meliriknya dengan segala kemampuan dan pengalaman Eurico hingga pada 1994 direkrut menjadi Gardapaksi.

Gardapaksi merupakan sebuah organisasi yang memberikan pinjaman atau wadah penyalur modal dengan bunga rendah untuk memulai usaha kecil, tetapi juga mereka dijadikan sebagai informan dan dalam satuan promiliter Indonesia.

Gubernur Abilio Soares sangat mendukung Gardapaksi, yang kemudian mempunyai catatan panjang dalam pelanggaran hak-hak asasi manusia.

Pada 1997 dengan ijazah SMA yang konon disediakan oleh militer, Eurico Guterres mulai belajar ekonomi di sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang dikelola oleh Filomeno Hornay yang prointegrasi.

Eurico hanya belajar selama tiga semester kemudian menikah dengan kemenakan Uskup Nascimento dari Baucau dan mempunyai tiga orang anak.

Lalu pada April 1999, Eurico menjadi tertuduh utama milisi dalam Pembantaian di Gereja Liquiçá.

Atas tindakan pelanggaran HAM yang dilakukan selama menjabat sebagai Panglima Pasukan Pejuang Integrasi, Eurico Guterres divonis 10 tahun penjara oleh Mahkamah Agung (MA).

Pada April 2008, Eurico Guterres mengajukan peninjauan kembali dan dibebaskan dari segala tuduhan melalui keputusan Mahkamah Agung yang menyatakan telah menemukan bukti baru.

Eurico Guteres dinyatakan tidak pernah terlibat dalam kasus kekerasan HAM di Timor Timur. Ia pun diputuskan bebas oleh MA.

MA menilai adanya kecacatan penerapan hukum di tingkat kasasi. Eurico dilepaskan dari belenggu LP Cipinang.

 


Karier Politik

Dilarang SBY, Simpatisan Prabowo Tetap Konvoi
Sebuah bendera Partai Gerindra dibawa oleh salah seorang pengendara saat konvoi 'kemenangan' Prabowo-Hatta di sekitar Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (10/9/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Setelah bebas, Eurico Guterres melanjutkan kuliahnya dan aktif sebagai anggota DPW PAN NTT.

Ia kemudian menjadi Ketua DPP PAN (2010—2015), Ketua DPW PAN Provinsi Nusa Tenggara Timur (2010—2015), serta Ketua MPW PAN Provinsi Nusa Tenggara Timur (2015—2017).

Lalu pada HUT ke-13 Partai Gerindra, Eurico Guterres bergabung dengan Partai Gerindra, tepatnya pada Sabtu 6 Februari 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya