Hadiri Sidang Tahunan MPR, Wapres Ma'ruf Amin Pakai Baju Adat Sulawesi Barat

Wapres Ma'ruf Amin terlihat mengenakan baju adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 16 Agu 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2021, 07:51 WIB
Wapres Ma'ruf Amin memakai baju adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021
Wapres Ma'ruf Amin memakai baju adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021. (Foto: Sekretariat Wapres)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Senin (16/08/2021). Wapres tampak hadir dengan mengenakan baju adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Wapres Ma'ruf Amin kali ini memang tampak sederhana. Sebab, hal ini dilandasi alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone, menjadikan pakaian adat Suku Mandar ini terlihat elegan dan menawan.

Pada Sidang Tahunan MPR 2021 yang dirangkaikan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD, serta diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan sangat ketat ini, Wapres Ma'ruf akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

 


Dengarkan Pidato Kenegaraan Jokowi

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Usai sidang, di tempat yang sama Wapres Ma'ruf Amin juga akan lanjut mengikuti Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2021-2022 untuk mendengarkan Pidato Presiden Jokowi dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya.

Selain Pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD serta undangan terbatas lainnya, tampak hadir secara langsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya