Melihat Ibadah Imlek di Klenteng Boen Tek Bio Tangerang Kala Pandemi

Ratusan jemaat terus berdatangan ke Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama, Kota Tangerang, sejak Senin 31 Januari 2022 malam untuk bersembahyang, merayakan tahun baru Imlek 2022.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 01 Feb 2022, 20:22 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2022, 20:22 WIB
Perayaan Imlek 2022 di Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama, Kota Tangerang
Perayaan Imlek 2022 di Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama, Kota Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta Ratusan jemaat terus berdatangan ke Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama, Kota Tangerang, sejak Senin 31 Januari 2022 malam untuk bersembahyang, merayakan tahun baru Imlek 2022.

Pandemi dan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 akhir-akhir ini, tak menyurutkan semangat mereka untuk datang ke klenteng tersebut. 

Ketua Perhimpunan Boen Tek Bio, Tan Lin menututkan, 500 jemaat telah mendatangi Klenteng Boen Tek Bio sejak sore hingga malam Senin. Jumlah tersebut terus bertambah pada Selasa pagi, 1 Februari 2022.

“Paling secara rutin dari pagi keluar masuk sekitar 500 orang,” kata Tan Lin.

Pada pelaksanaannya, pengurus membatasi jumlah orang yang masuk dalam satu waktu. Hanya ada 15 orang per waktu yang diperbolehkan masuk untuk bersembahyang. Lama ibadah per waktu tak sampai 15 menit.

Menurut dia, ada petugas yang berjaga di depan klenteng. Sehingga tidak terjadi penumpukan saat ada jemaat yang akan beribadah di klenteng yang usianya sudah lebih dari 120 tahun itu.

Pantauan Liputan6.com, jemaat yang akan memasuki klenteng, akan berada di altar depan terlebih dulu. Lalu satu per satu masuk untuk melanjutkan doa.

"Biasanya yang datang bersamaan itu satu keluarga. Kalau begitu, kami izinkan masuk bersamaan," tutur Tan Lin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernak Pernik

Klenteng Boen Tek Bio memang berada di kawasan pusat pecinaan Benteng Kota Tangerang. Berdekatan dengan pasar, membuat aktivitas kesehariannya sangat ramai.

Terlebih bila perayaan Imlek, pedagang berlomba menjajakan makanan sampai pernak-pernik khas Imlek yang serba merah, kuning dan emas. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya