Pemerintah Bakal Siapkan Posko Vaksinasi Covid-19 Gratis bagi Pemudik Lebaran 2022

Pemerintah menyiapkan sejumlah posko vaksinasi Covid-19 di jalur mudik Lebaran 2022.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Mar 2022, 01:15 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2022, 01:15 WIB
FOTO: Target Vaksinasi COVID-19 DKI Jakarta
Petugas Puskemas Kampung Melayu melaksanakan vaksinasi COVID-19 terhadap warga Kebon Pala, Jakarta, Jumat (18/6/2021). Presiden Joko Widodo mengingatkan Pemprov DKI Jakarta untuk mengejar target vaksinasi 7,5 juta warga sampai Agustus 2021. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tidak lagi melarang mudik Lebaran Idul Fitri 2022. Justru pemerintah akan melonggarkan aturan dan memfasilitasi masyarakat yang hendak melaksanakan mudik ke kampung halamannya meski belum divaksinasi Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah akan menyiapkan sejumlah posko vaksinasi di jalur mudik Lebaran 2022. Nantinya, masyarakat yang belum mendapat vaksin lengkap dan booster dapat merapat ke posko vaksinasi tersebut.

Sebab, vaksinasi booster menjadi salah satu syarat masyarakat diizinkan mudik ke kampung halaman pada momentum Lebaran Idulfitri 2022. 

"Nanti disiapkan oleh Kementerian Perhubungan tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum dan beberapa pos, di mana masyarakat bisa langsung disuntik sebelum mudik," kata Budi saat jumpa pers daring, Rabu (23/3/2022) malam.

Budi mengatakan, hal itu adalah keinginan langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Tujuannya, agar masyarakat yang mudik tidak membawa risiko penularan Covid-19 saat berkumpul dengan orang tua dan sanak saudara di kampung halaman.

"Intinya Pak Presiden ingin, yuk masyarakat kita bisa longgarkan, mudahkan. Silakan mudik cuma pastikan suntiknya vaksinasi lengkap plus booster," jelas Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kasus Covid-19 Terkendali

FOTO: Larangan Mudik Berakhir, Stasiun Senen Ramai Pemudik Susulan
Penumpang menaiki kereta api Bangunkarta jurusan Jakarta-Jombang di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (18/5/2021). Berakhirnya larangan mudik pada 17 Mei 2021, Stasiun Senen ramai oleh pemudik susulan yang hendak berangkat ke kampung halaman di Jawa Tengah dan Jawa Timur. (merdeka.com/Imam Buhori)

Budi mengungkap, saat ini reproduction rate kasus Covid-19 di Indonesia ada di angka 1. Artinya, kasus dalam status terkendali dan prediksi dari para epidemiolog dalam waktu dekat Indonesia bisa mencapai angka di bawah 1.

"Perkiraan epidemiolog, perkiraannya akhir bulan ini bisa kembali ke bulan-bulan Oktober, November dengan reproduction rate di bawah 1," Budi menutup.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya