Tol Jagorawi Arah Puncak Diberlakukan Contra Flow

Pemberlakukan contra flow ini menyusul hari libur lebaran dimana arus kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor mulai dipadati pengendara. Hingga pihak kepolisian pada Selasa kemarin sempat diberlakukan sistem one way.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Mei 2022, 10:51 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2022, 10:51 WIB
FOTO: Ribuan Kendaraan Arah Puncak Terjebak Penutupan Sistem One Way
FOTO: Ribuan Kendaraan Arah Puncak Terjebak Penutupan Sistem One Way

Liputan6.com, Jakarta Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) pagi ini memberlakukan contra flow di Ruas Tol Jagorawi arah Ciawi, Puncak, untuk mengurai lalu lintas yang menuju Ciawi/Puncak dan Sukabumi.

"Pemberlakuan contra flow dimulai 4 Mei 2022 pukul 06.30 WIB pada Km 44+500 sampai dengan 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi," kata General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad, Tri Wahyu Subekti dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Dengan diberlakukannya contra flow, Tri menyampaikan jika pihak Jasa Marga telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi.

"Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," katanya.

"Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan," tambahnya.

Pemberlakukan contra flow ini menyusul hari libur lebaran dimana arus kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor mulai dipadati pengendara. Hingga pihak kepolisian pada Selasa kemarin sempat diberlakukan sistem one way.

"Pukul 12.00 Wib, kendaraan dari arah Jakarta menuju akan ditutup dan diberlakukan sistem one way dari arah Puncak ke arah Jakarta," demikian unggahan dikutip dari akun resmi @tmcpolresbogor, Selasa (3/5/2022).

4 Rute Alternatif ke Bandung dari Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberikan empat rute alternatif bagi masyarakat yang ingin pergi dari Jakarta ke Bandung. Ketika diberlakukan skema one way saat arus balik mudik Lebaran 2022 nanti.

Rute ini bisa digunakan menyusul bakal diberlakukannya one way dari Semarang- Jakarta yang dimulai tanggal 6-8 Mei 2022 saat arus balik.

"Alternatif rute Jakarta menuju Bandung saat one way arus balik Semarang -Jakarta tanggal 6-8 Mei 2022," kata Fadil dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Rute ini bisa menjadi sejumlah opsi warga DKI untuk tetap bisa pergi ke Bandung. Ada yang melalui Puncak, Bogor hingga lewat Kalimalang.

Berikut daftar rute alternatifnya:

1.Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu-Cipatat-Padalarang-Bandung

2.Jagorawi-Cibubur-Cilengsi-Jonggol-Cianjur-Padalarang-Bandung

3.Kalimalang-Kedungwaringin-Karawang-Purwakarta-Wanayasa-Lembang-Bandung

4.Kalimalang-Kedungwaringin-Karawang-Purwakarta-Sukatani-Darangdan-Cikalong-Padalarang-Bandung

Sebelumnya, usai puncak arus mudik lebaran berlalu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri pun telah memprediksi untuk puncak arus balik lebaran akan terjadi sepanjang 6, 7, dan 8 Mei 2022 dengan volume kendaraan yang cukup tinggi.

"Tanggal 6, 7 dan 8 itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangannya, Selasa (3/ 5).

Atas prediksi tingginya angka kendaraan saat arus balik nanti, Firman pun mengajak masyarakat untuk pulang ke ibu kota lebih awal. Hal itu guna mencegah terjadinya penumpukan di tanggal arus balik.

 


Waspadai Kepadatan Arus Balik 6-8 Mei

Menurutnya, masyarakat sudah harus menyikapi untuk memilih tanggal pulang ke Jakarta dengan tidak bergantung pada tanggal 6-8 Mei nanti. Maka dari itu, kepulangan tidak akan terkonsentrasi dan lalu lintas akan lebih nyaman.

"Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahmi dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal," katanya.

"Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua," tambahnya.

Meski begitu, Firman memastikan kesiapan untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022. Firman juga meminta masyarakat untuk mengikuti kebijakan rekayasa lalu lintas dari Polri agar perjalanan arus balik aman dan lancar.

"Percayalah, apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak," imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya