Pendukung Anies Baswedan Gelar Musyawarah, Tampung Aspirasi Masyarakat

Salah satu Musyawarah Daerah yang dilakukan secara serentak oleh SKI. Salah satunya dilakukan di Jawa Timur. (Foto: Istimewa).

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Sep 2022, 17:38 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2022, 17:38 WIB
Salah satu Musyawarah Daerah yang dilakukan secara serentak oleh SKI
Salah satu Musyawarah Daerah yang dilakukan secara serentak oleh SKI. Salah satunya dilakukan di Jawa Timur. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai capres di Pemilu 2024 yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) menggelar musyawarah daerah atau Musda seluruh Jawa secara serentak.

Sekjen SKI Raharja Waluya Jati mengatakan, ada 119 organisasi di tingkat kabupaten/kota di Jawa melakukan Musda.

"Musda merupakan forum tertinggi organisasi di tingkat kabupaten/kota. Para peserta Musda akan membentuk kepengurusan dan membahas garis besar program untuk lima tahun ke depan," kata dia dalam keterangannya, Minggu (11/9/2022).

Dia menuturkan, salah satu yang dilakukan pihaknya adalah mengumpulkan aspirasi masyarakat yang nantinya menjadi prioritas kelompok SKI ini.

"Kami siap mendengar aspirasi rakyat, tentang bagaimana mereka merumuskan problem-problem bangsa ini, dan solusi apa yang diharapkan dari pemimpin Indonesia ke depan," ungkap Jati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak Kegiatan

Jati mengungkapkan, acara mayoritas diawali dengan seminar di setiap lokasi, yang membahas tema Restorasi Kepemimpinan Indonesia. Pembicara yang diundang berasal dari kalangan partai politik, akademisi, pegiat sosial, dan pengusaha.

Di Yogyakarta, acara seminar menghadirkan pimpinan wilayah dari tiga partai yag disebut-sebut bakal berkoalisi: NasDem, Demokrat dan PKS.

Keberhasilan SKI menggelar Musda serentak ini, kata Jati, tak lepas dari kerja keras di daerah dalam membangun jejaring organisasi hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

"Kami berharap, setelah Musda usai, SKI daerah langsung tancap gas untuk melaksanakan berbagai program nasional yang telah dicanangkan," kata Jati.

 


Dukung Anies

Sebelumnya, kelompok masyarakat pendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024, menyambangi Kantor DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Yogyakarta.

Mereka yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) ini mendesak, agar kedua pengurus partai tingkat provinsi itu bisa memberikan rekomendasinya untuk Anies.

"Meminta pengurus partai level provinsi lebih aktif dalam meyakinkan 'Bos’ partai masing-masing tentang besarnya dukungan arus bawah untuk Anies," kata Ketua SKI Jawa Tengah Azmi Majid.

Azmi menjelaskan, gerilya politik SKI kerap dilakukan di kantor-kantor partai pada tingkat kabupaten dan kota. Sebelumnya, SKI juga sudah mendatangi Kantor PKS di Pemalang pada 30 Agustus 2022.

"Ketua PKS setempat, Suwarso berjanji untuk meneruskan desakan warga ke pimpinan partai. Namun, warga juga diminta mendorong terciptanya koalisi beberapa partai karena PKS tak bisa sendirian,” ujar Azmi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya