PAN Sebut Peluang Ganjar Pranowo Diusung Parpol Selain PDIP Terbuka

Yandri Susanto menilai, Gubernur Jawa Tengah Ganjar terbuka peluangnya untuk maju dari luar PDI Perjuangan.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Okt 2022, 15:38 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2022, 15:38 WIB
Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri resepsi pernikahan putri Anies Baswedan di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (31/7/2022). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum (Waktum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menilai, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terbuka peluangnya untuk maju dari luar PDI Perjuangan.

Apalagi ada partai yang mengeluarkan rekomendasi mendukung Ganjar menjadi calon presiden (Capres). Salah satunya adalah PAN.

"Semuanya kan mesti cair, bisa jadi beliau berangkat dari PDIP atau koalisi PDIP dengan partai lain, atau diluar PDIP yang penting kan 20 persen nya terpenuhi. Jadi menurut saya, semuanya masih terbuka kemungkinan itu," ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Kursi yang dimiliki PAN saja tidak cukup. Di sisi lain ada juga PPP yang tertarik untuk mengusung Ganjar. Yandri mengatakan, kemungkinan mengusung Ganjar besar. Tetapi tinggal dilengkapi dukungan partai lain agar tiket Pilpres mencukupi.

"Ya ada kemungkinan besar Ganjar bisa diusung nanti. Tapi kan perlu ada pematangan yang lebih intensif kan komprehensif kan karena sekali lagi, PAN sama PPP aja enggak cukup," kata Yandri.

Meski kalau PDIP yang mengusung sudah dapat mencukupi tiket Pilpres. Hanya saja belum tahu apakah PDIP akan mengusung Ganjar atau tidak. Serta apakah PDIP akan membentuk koalisi dengan partai lain untuk membawa Ganjar ke Pemilu 2024.

Maka itu, Yandri mengusulkan Ganjar untuk membangun komunikasi intensif dengan partai lain. Misalnya dengan safari politik bertemu dengan pimpinan partai politik.

"Dan tidak ada salahnya saya kira walaupun Pak Ganjar sekarang jadi kader PDIP juga mulai membangun komunikasi yang intensif dan mulai agak terbuka komunikasinya itu, misalkan silaturahmi atau safari politik itu nggak masalah sekarang," kata Yandri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Jadi Capres di 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat usai menghadiri Konser Kebangsaan di De Tjolomadoe, Karanganyar, Senin malam (19/8).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan siap untuk menjadi calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dia mengaku siap demi kepentingan bangsa dan negara saat ini.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," ujar Ganjar saat ditanya mengenai kesiapannya maju sebagai capres dalam talkshow di BTV, Selasa 18 Oktober 2022.

Ganjar menegaskan hal itu sebagai anggota partai. Sehingga, dalam konteks pencapresan, dia melihat ada dua realitas, pertama, realitas proses di dalam partai yang harus dihormati oleh kader. Kedua, kata dia, realitas sosial terkait survei yang dibuat sebagai lembaga.

"Biarkan lah kita kasih kesempatan kepada partai yang menetukan untuk mereka berdialog, berkomunikasi untuk mengambil yang terbaik," ujarnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Tokoh-Tokoh Populer Dideklarasikan Jadi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tokoh-Tokoh Populer Dideklarasikan Jadi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya