Jadi Awal Petaka, Ferdy Sambo Kaget Dihubungi Irjen Slamet soal Perubahan Bharada E

Ferdy Sambo mengaku kaget dan tidak percaya saat pertama kali mengetahui Bharada E mengubah keterangannya terkait kematian Brigadir J. Ini menjadi awal petaka Sambo terseret dalam kasus pembunuhan berencananya ajudannya.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jan 2023, 07:50 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2023, 07:50 WIB
SIDANG LANJUTAN FERDY SAMBO DAN PUTRI CHANDRAWATHI
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (22/11/2022). Sebanyak 9 orang saksi dihadirkan dalam sidang pemeriksaan saksi terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan sikap Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E dalam kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J menjadi awal petaka bagi mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Skenario yang dia buat seolah-olah terjadi adu tembak di rumah dinasnya yang menewaskan Brigadir J gagal total. Bharada E mengubah keterangannya dan mengaku dirinya yang menembak Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo mengaku pertama kali mengetahui perubahan keterangan Bharada E saat dihubungi Kepala Divisi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Kadiv TIK) Irjen Slamet Uliandi.

Sambo mengaku kaget dan tidak percaya saat mendapat kabar via telepon dari jenderal bintang dua tersebut perihal Bharada E mengubah keterangan di berita acara pemeriksaan (BAP).

"Jadi di tanggal 5 Agustus, saya ditelepon rekan saya pejabat utama di Mabes Polri, menyampaikan ‘Bro, ini Richard merubah keterangan'," kata Ferdy Sambo dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Kamis (5/1/2023).

"Siapa tadi yang memberitahu saudara?," tanya Hakim Suhel.

"Bintang dua di Mabes Polri," kata Sambo.

"Namanya?," tanya Hakim Suhel lagi.

"Kadiv TIK Irjen Slamet," jawab Sambo.

Lewat pesan tersebut, kata Sambo, Slamet menginformasikan Bharada E mengubah keterangannya dengan menyebut bahwa dirinya yang telah menembak Brigadir J. Hal itu berbanding terbalik dengan skenario awal tewasnya Brigadir J.

 


Skenario yang Dibikin Sambo Patah

Bersamaan, Bharada Eliezer, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal Jalani Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J
Terdakwa Richard Elieze berdiskusi dengan kuasa hukumnya disela sidang lanjutan pemeriksaan saksi kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (7/11/2022). Richard Eliezer dan Ricky Rizal yang merupakan mantan ajudan Ferdy Sambo serta Kuat Ma'ruf, sopir keluarga Sambo duduk bersama di kursi terdakwa pada hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sambo diketahui telah menyusun skenario awal yakni Brigadir J tewas usai baku tembak dengan Bharada E yang dipicu pelecehan terhadap Putri Candrawathi. Sementara posisi Sambo baru datang ketika Brigadir J tewas.

"Ini Richard merubah keterangan, saya bilang ‘Ubah keterangan apa?’. Dia sudah membuat pernyataan dan dipanggil pimpinan Polri, di timsus bahwa senjata dia," kata Sambo mengulang percakapan dengan Slamet.

"Kamu ambil dan kemudian kamu yang nembak semua Yosua. Saya kaget ‘kok bisa kaya gitu’. Saya bilang, saya tidak akan hadir kalau saya belum lihat berita acara pemeriksaannya. Kan waktu itu Richard sudah ditahan. Kamu tunjukkan ke saya baru saya akan ikut," sambung Sambo.

Adapun keterangan Sambo kali ini, saat hadir sebagai saksi untuk kasus obstruction of justice dalam perkara pembunuhan Brigadir J diperiksa untuk terdakwa Hendra Kurniawan, Agus Nurpatria Adi Purnama, dan Arif Rachman Arifin.

Mereka didakwa melanggar Pasal 49 jo Pasal 33 subsider Pasal 48 Jo Pasal 32 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Atau diancam dengan pidana dalam Pasal 233 KUHP subsider Pasal 221 ayat (1) ke-2 jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

Infografis Saling Serang Kubu Ferdy Sambo Vs Bharada E di Persidangan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Saling Serang Kubu Ferdy Sambo Vs Bharada E di Persidangan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya