Cerita Mendagri Tito Dipanggil Jokowi ke Istana karena Inflasi di Daerah

Tito mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan sembilan langkah panduan daerah untuk melakukan inflasi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 28 Feb 2023, 10:32 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2023, 10:32 WIB
Kemendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian hadiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023 di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (23/2)/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku pernah dipanggil Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Istana Kepresidenan, untuk membahas masalah inflasi di daerah pada September 2022 lalu.

Dia diminta Jokowi menekan inflasi di tingkat daerah, seperti saat pengendalian pandemi Covid-19.

"Bapak Presiden pada bulan September memanggil saya ke Istana, ‘Pak Tito sebagai Mendagri kendalikan inflasi daerah,’ itu perintah beliau," kata Tito menirukan ucapan Jokowi, dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Selasa (28/2/2023).

"Artinya, saya mengendalikan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Beliau sampaikan, ‘bikin [sistem pengendalian] seperti kita menangani COVID-19’," sambungnya

Tito mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan sembilan langkah panduan daerah untuk melakukan inflasi. Adapun sembilan langkah tersebut adalah melakukan pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan tersedia, melaksanakan rapat teknis TPID.

Kemudian, menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, melaksanakan gerakan Pencanangan Gerakan Menanam, melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait. Lalu, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang.

Selanjutnya, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, merealisasikan belanja tidak terduga (BTT) untuk dukungan pengendalian inflasi. Terakhir, memberikan bantuan transportasi dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"Saya membentuk tim  dipimpin oleh Irjen, dibantu oleh beberapa dirjen. Saya buat piket khusus, anak-anak IPDN yang baru-baru itu, pinter-pinter tapi kan anak-anak yang bertahan kuat dia, piket 24 jam, ada 50 orang. Tiap hari ngecek-ngecek, ngecek kan ada sembilan langkah yang saya buat waktu itu," jelasnya.

Menurut dia, hasil pantauan tersebut akan dibeberkan dalam rapat pengendalian inflasi daerah yang digelar oleh Kemendagri setiap minggunya. Rapat ini juga dihadiri oleh jajaran pemerintah di daerah.

"Itu kita ekspos. Saya buat iklim kompetitif. Kita tampilkan data sepuluh daerah [dengan inflasi] tertinggi, sepuluh daerah [dengan inflasi] terendah," tutur Tito.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ancam Copot Tim yang Terima Sogok

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (Istimewa)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (Istimewa)

Tito menyampaikan daerah-daerah dengan inflasi tertinggi akan diminta menjelaskan kendala yang dihadapi. Sedangkan daerah-daerah yang berhasil mengendalikan laju inflasinya, akan diminta berbagi upaya yang telah dilakukan sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.

"Saya juga konsisten, di daerah-daerah yang inflasi tinggi ya kita datangin. Saya suruh datangin ke timnya, memantau. Tapi jangan sampai ada transaksional, disogok supaya bagus. Kalau ketahuan, kita copot," tegas dia

Tito meyakini upaya sistematis yang dilakukan pemerintah dalam pengendalian inflasi di daerah tersebut berkontribusi signifikan dalam menekan lanjut inflasi nasional. Tercatat, nilai inflasi pada Januari terkendali pada angka 5,28 persen, lebih rendah dari inflasi Desember 2022 yang sebesar  5,51 persen.

"Itu one of the best, negara kita inflasinya dibanding negara lain. Pertumbuhan ekonomi juga kita luar biasa, di tengah kesulitan tahun 2022 (tumbuh) 5,3 persen. Jadi, tim ekonomi kita juga termasuk daerah-daerah juga memberikan sumbangsih bagus," pungkas Tito.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya