Nasdem: Ada 5 Nama Cawapres yang Mengerucut, Kita Akan Bangun Ta'aruf dengan Anies

Willy belum mau membocorkan lima nama calon wakil presiden yang tengah digodok Koalisi Perubahan.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Mei 2023, 03:29 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 03:29 WIB
Anies Baswedan Bertemu Surya Paloh
Gubernur DKI Anies Baswedan memenuhi undangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem, Menteng, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan antara Anies Baswedan dengan Surya Paloh tersebut sebatas silaturahmi dengan agenda makan siang bersama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengakui sudah ada komunikasi dengan lima nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan. Tetapi komunikasi tersebut baru sebatas informal.

"Informal ada. Ya by phone, say helo ketemu, person to person," ujar Willy di Sekretariat Perubahan, Jakarta, Jumat (5/5).

Willy belum mau membocorkan lima nama calon wakil presiden yang tengah digodok Koalisi Perubahan. Tetapi, nama-nama ini diusulkan dari internal Koalisi Perubahan. Meski tetap terbuka usulan-usulan nama di luar lima cawapres ini.

"Kan ini belum final. berarti kan kuncinya belum kunci mati. Tentu sebagai sebuah, tapi setidak-setidaknya kita sudah punya ada yang di tangan, jadi ini lah kami selalu bergerak berpikir bertindak," ujarnya.

Sementara, tim delapan akan melakukan ta'aruf atau pendekatan lima nama cawapres dengan Anies. Akan dipertemukan Anies dengan nama cawapres tersebut.

"Laporan dari tim delapan tadi ke Pak Capres, ya kami sekarang sudah ada yang disampaikan oleh Mas Sugeng kemarin, lima nama yang mengerucut itu. Dalam proses kita akan membangun taaruf dengan Capres," kata Willy.

Peluang Airlangga

Bakal calon presiden (Capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan menjawab peluang dipasangkan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Menurut Anies, sulit bila berpasangan dengan tokoh yang tidak berada dalam koalisi.

"Berada di dalam koalisi maka dalam konsiderasi kalau tidak berada dalam koalisi ya sulit menjadi konsiderasi gitu ya," ujarnya saat konferensi pers di Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan, Jumat (5/5/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Serahkan ke Tim Delapan

Sementara, bagi partai yang sudah berkoalisi di Koalisi Perubahan akan dipertimbangkan tokohnya menjadi calon wakil presiden.

"Yang jelas kita yakin bahwa bila berada di sini maka menjadi konsiderasi, kalau tidak berada di sini masuk jadi konsiderasi. Kan urutanya begitu kira-kira," ujar Anies.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menyerahkan sepenuhnya kepada tim delapan yang tengah melakukan penggodokan nama-nama calon wakil presiden. Ada lima nama yang sedang dibahas.

"Jadi biarkan tim kecil ini membahas mengenai kriteria, membahas tentang nama-nama. Alhamdulillah mereka sudah sampai kepada kerucut berwujud lima, biarkan proses ini jalan terus," ujar Anies.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Infografis Ragam Tanggapan Anies - Gibran Semeja Sarapan Bareng
Infografis Ragam Tanggapan Anies - Gibran Semeja Sarapan Bareng (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya