Timnas Indonesia Juara SEA Games 2023, PDIP Puji Pemain, Pelatih dan Erick Thohir

Timnas Sepakbola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Bermain di Olympic Stadium Phnom Phen, Selasa, 16 Mei 2023, pasukan Indra Sjafri memukul pasukan timnas Thailand dengan skor 5-2.

oleh Aries Setiawan diperbarui 17 Mei 2023, 10:17 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 03:35 WIB
Foto: Membanggakan, Momen Timnas Indonesia U-22 Merayakan Medali Emas SEA Games 2023 di Podium
Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 berpose memegang medali emas setelah memenangkan laga final sepak bola SEA Games 2023 melawan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/05/2023). (AFP/Nhac Nguyen)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Sepakbola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Bermain di Olympic Stadium Phnom Phen, Selasa, 16 Mei 2023, pasukan Indra Sjafri memukul pasukan timnas Thailand dengan skor 5-2.

PDI Perjuangan mengucapkan selamat kepada timnas Indonesia atas prestasinya di ajang SEA Games 2023.

"Kita bangga atas perjuangan timnas. Fighting spirit (semangat berjuang) yang begitu kokoh. Di momen genting, timnas berhasil keluar dari tekanan. Perjuangan ini sangat pantas kita apresiasi. Supremasi sepak bola Asia Tenggara berhasil diwujudkan," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa malam (16/5/2023) dilansir Antara.

Hasto memuji pasukan timnas Indonesia yang berjuang habis-habisan hingga peluit akhir berbunyi. Perjuangan dramatis anak asuh Indra Sjafri patut diapresiasi tinggi dan diacungi jempol.

"Selamat kepada seluruh pemain dan ofisial timnas, termasuk pelatih Indra Sjafri," kata Hasto.

Hasto mengatakan emas sepak bola SEA Games ini semakin bermakna karena medali emas ini diraih saat Indonesia tidak menjadi tuan rumah. Apalagi medali emas sudah lama sekali tidak didapat oleh pasukan Garuda.

"Belum lagi karena telah lama sekali atau 32 tahun lalu akhirnya Indonesia kembali bisa meraih emas cabang sepak bola," ujar Hasto.

Selain itu, Hasto memuji perhatian seluruh ofisial sepakbola Indonesia, termasuk Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang membakar semangat para pemain dari pinggir lapangan.

"Perhatian pengurus PSSI, khususnya Pak Erick diapresiasi. Wejangan yang membakar semangat pemain sejak akan berangkat ke Kamboja dan di momen krusial malam ini, Pak Erick terlihat ikut menenangkan pemain saat terjadi keributan," kata Hasto.

Hasto juga tak lupa mengamati antusiasme penggemar sepak bola Tanah Air dalam mendukung timnas meski hanya melalui layar kaca.

Usai SEA Games 2023, tutur Hasto, timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023 yang merupakan penampilan pertama sejak 16 tahun terakhir.

Sebelumnya, timnas berkiprah pada Piala Asia 2007 dengan status tuan rumah. Hasto mengatakan meski masuk grup yang berat melawan tim Jepang, Irak, dan Vietnam, ia berharap timnas Indonesia mampu kembali menunjukkan kegigihan bertanding.

"Setelah SEA Games, maka ajang Piala Asia merupakan langkah berikut Indonesia menuju ke level pentas dunia," ucap Hasto.


Indra Sjafri Bawa Timnas Juara SEA Games 2023 Setelah Penantian 32 Tahun

Ilustrasi - Indra Sjafri background timnas indonesia
Ilustrasi - Indra Sjafri background timnas indonesia (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)

Hasil ini sekaligus menyudahi dahaga selama 32 tahun penantian skuat Garuda memperoleh medali emas dalam ajang SEA Games. Terakhir kali timnas Indonesia berhasil membawa pulang emas cabang olahraga sepakbola pada tahun 1991 silam.

Timnas Indonesia sebetulnya tiga kali masuk final SEA Games yakni pada 2011, 2013, dan 2019. Namun sayang, pasukan Garuda selalu tumbang di tiga laga final itu melawan Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Dengan begitu, ini menjadi emas ketiga Indonesia dalam cabang sepakbola SEA Games setelah 1987 dan 1991.

Salah satu sosok paling berjasa dalam prestasi timnas U-22 ini yaitu pelatih Indra Sjafri. Menjuarai SEA Games 2023 semakin melengkapi prestasi Indra Sjafri sebagai pelatih di level umur timnas Indonesia. Sebelumnya Indra Sjafri sukses juara Piala AFF U-19 dan U-22.

Di SEA Games, Indra Sjafri memperbaiki prestasinya di tahun 2019 lalu yang cuma bisa mendapatkan medali perak. Saat itu Indonesia kalah dari Vietnam 0-3.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya