Kisah Kaisar Jepang yang Tertarik dengan Kebun Raya Bogor Usai Dengar Cerita Sang Ayah

Ada yang berbeda saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/023).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 19 Jun 2023, 14:44 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 14:22 WIB
Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melihat Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor Jawa Barat.
Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melihat Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor Jawa Barat. (Fotografer Presiden Jokowi/Agus Suparto)

Liputan6.com, Jakarta Ada yang berbeda saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/023). Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melihat Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Bukan tanpa alasan, Jokowi mengetahui Kaisar Naruhito sangat tertarik dengan Kebun Raya Bogor. Kaisar Naruhito sendiri mengetahui Kebun Raya Bogor usai mendengar cerita ayahnya, Kaisar Akihito, yang berkunjung pada 1962.

"Bapak Presiden mendapat informasi bahwa Kaisar Naruhito tertarik pada Kebun Raya Bogor, karena Naruhito kecil mendengarkan cerita langsung dari orang tuanya saat diantar jalan-jalan oleh Presiden Sukarno pada tahun 1962," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Senin (19/6/2023).

Untuk itu, Jokowi mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi Griya Anggrek yang berada di Kebun Raya Bogor. Kaisar Naruhito pun menunjukkan keantusiasannya saat mengunjungi Griya Anggrek.

Dia terlihat serius mendengarkan penjelasan dari Presiden Jokowi soal tanaman yang ada di Griya Anggrek. Tak hanya itu, Permaisuri Masako juga beberapa kali memotret tanaman yang ada di Griya Anggrek.

Dalam kunjungan ini, Jokowi juga mengajak Kaisar Naruhito menanam pohon bersama yang merupakan agenda rutin apabila pemimpin negara berkunjung ke Istana Bogor. Adapun pohon yang ditanam, yakni pohon gaharu.

"Jadi menanam pohon, ke Kebun Raya, dan joint press statement menjadi rangkaian acara hari ini yang dihadiri Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako," tutur Bey.

Sementara itu, Kaisar Jepang Naruhito mengaku senang dapat mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya, sejak naik takhta pada tahun 2019. Dia juga mengungkapkan kegembiraannya diajak Jokowi melihat Griya Anggrek.

"Presiden dan istrinya baru saja memberi kami sambutan yang hangat, mengajak kami berkeliling melihat kebun raya dan juga memperlihatkan kami berbagai anggrek secara mendetail. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Anda," ujar dia.

"Akhirnya, saya ingin menyampaikan harapan yang tulus untuk kesehatan Presiden dan Ibu yang terus baik," sambung Kaisar Naruhito.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kunjungan Perdana Kaisar Jepang ke Indonesia

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/023). Ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai kaisar pada 2019.

Jokowi mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menuju Griya Anggrek Istana Kepresidenan Bogor, dengan menaiki mobil buggy. Disana kedua pemimpin dan pendamping, akan melihat koleksi anggrek yang dimiliki Kebun Raya Bogor.

Jokowi tampak menyupiri Kaisar Naruhito dan para pendamping, sambil berbincang akrab di perjalanan menuju Griya Anggrek. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sangat serius mendengar penjelasan soal koleksi anggrek yang ada di Kebun Raya Bogor.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya