Pengakuan Emak-Emak Pengemudi Fortuner Nekat Putar Balik di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Sumsel

Emak-emak pengemudi Fortuner meminta maaf atas aksi nekat memutar balik di jalan tol Indralaya-Prabumulih. Ia pun membeberkan alasan nekat memutar balik di ruas tol, padahal aksi tersebut dilarang dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 11 Sep 2023, 15:39 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2023, 15:38 WIB
Aksi emak-emak pengemudi Fortuner yang nekat memutar balik di jalan tol akhirnya berujung kena sanksi tilang polisi. (sumber: rtmc_ditlantaspoldasumsel).
Aksi emak-emak pengemudi Fortuner yang nekat memutar balik di jalan tol akhirnya berujung kena sanksi tilang polisi. (sumber: rtmc_ditlantaspoldasumsel).

Liputan6.com, Jakarta - Aksi emak-emak pengemudi Fortuner yang nekat memutar balik di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih viral di media sosial. Setelah menuai sorotan, akhirnya emak-emak pengemudi Fortuner tersebut ditilang polisi.

Dikutip dari akun Instagram @rtmc_ditlantaspoldasumsel Senin (11/9/2023), emak-emak pengemudi Fortuner meminta maaf atas peristiwa tersebut. Ia pun membeberkan alasan nekat memutar balik di ruas tol, padahal aksi tersebut dilarang dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

"Kami emak-emak meminta maaf kepada semua warga masyarakat ogan ilir dan sekitarnya. Karena kami melakukan kejadian itu atas dasar mendesak dan panik saja," kata seorang emak-emak sambil menunjukkan surat tilang.

Emak-emak tersebut juga mengimbau kepada kepada seluruh masyarakat dan pengguna jalan agar tidak memutar balik di jalan tol dan selalu menaati peraturan lalu lintas.

"Imbauan kami kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan sesuatu atau kejadian yang kemarin terulang lagi jangan sampai memutar di tol tersebut karena akan membahayakan diri kita dan orang lain," ucap emak-emak tersebut.

Dirlantas Polda Sumatera Selatan, Kombes M Pratama Adhyasastra mengatakan, ketiga emak-emak itu mendatangi Mapolres Ogan Ilir, Minggu 10 September 2023 siang. Petugas sebelumnya menemui pemilik mobil sesuai nomor polisi yang terlacak dan ternyata mobil itu telah dijual kepada orang lain.

"Saat penelusuran, ketiga emak-emak itu datang dan mengaku menjadi pengemudi yang menggeser pembatas jalan," kata Pratama dikutip dari merdeka.com, Senin (11/9/2023).

Pratama menjelaskan, emak-emak yang mengendarai Fortuner itu diberikan sanksi tilang. Pengemudi dianggap melanggar lalu lintas dan membahayakan pengendara lain.

"Kami berikan efek jera terhadap pengemudi dan penumpang mobil itu dengan berupa penilangan," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aksi Emak-Emak Bantu Mobil Fortuner Putar Balik di Jalan Tol Disorot Warganet

Pusing! Emak-emak Naik Fortuner Buka Pembatas Tol untuk Putar Balik
Pusing! Emak-emak Naik Fortuner Buka Pembatas Tol untuk Putar Balik

Sebelumnya, video aksi emak-emak yang membantu mobil Fortuner memutar balik di ruas jalan tol viral di media sosial. Video itu diunggah oleh akun Instagram @promopalembang pada Kamis 7 September 2023.

Dalam video, sebuah mobil Fortuner hitam berhenti tengah-tengah ruas tol. Terlihat tiga emak-emak yang sedang membantu mobil tersebut memutar arah. Padahal, ada rambu larangan memutar arah di ruas tol tersebut.

Tiga emak-emak itu kemudian membongkar paksa pembatas jalan di ruas tol tersebut. Mereka bahu membahu membantu mobil Fortuner itu memutar arah. Setelah mobil berputar arah, tiga emak-emak itu langsung menghampiri dan bersiap menaiki mobil Fortuner tersebut.

"Emak siapa tuh. Wah nyangkut tuh mobil," demikian narasi dalam video tersebut.

Akun Instagram @promopalembang menyebut bahwa peristiwa aksi emak-emak itu terjadi di ruas Tol Indralaya, Palembang. Video itu pun mendapat beragam komentar dari warganet.

"Ras terkuat di muka bumi muter balik di jalan tol. Lokasi kejadian di tol Indralaya - Palembang," tulis akun Instagram @promopalembang dikutip Jumat (8/9/2023).

"Iseng yg akan berbuntut panjang…jgn di diemin ni pak polisi biar gak pada ikutan yg laen…" tulis akun Instagram @viar******

"Biarin aja dia puter balik. Selain ketangkep kamera nanti dipintu toll dia kena denda tariff termahal🤭 penasaran ibu ini pas bayar syok ga ya..." tulis akun Instagram @nad******

"Bayar tol 2x lipat dgn jarak terjauh 😂," tulis akun Instagram @no*****

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya