Kejagung Jelaskan Kedekatan Jaksa Agung dengan Celine Evangelista hingga Dipanggil "Papa"

Artis dan model Celine Evangelista jadi sorotan usai namanya disebut memiliki kedekatan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Bahkan mencuat panggilan 'Papa' untuk Burhanuddin.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 03 Nov 2023, 22:11 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2023, 21:27 WIB
Momen Acara Natal Celine Evangelista, Dihadiri Stevan Pasaribu dan Marshel Widianto
Celine Evangelista (Liputan6.com/IG/@loritayoung_mua)

Liputan6.com, Jakarta - Artis dan model Celine Evangelista jadi sorotan usai namanya disebut memiliki kedekatan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Bahkan mencuat panggilan 'Papa' untuk Burhanuddin.

Demikian kabar itu pertama kali disampaikan terdakwa perkara mengalangi penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pertambangan ore nikel di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Antam di Blok Mandiodo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, yakni Amalia Sabara (AS) alias Amel dalam persidangan.

Menanggapi kabar tersebut, pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) RI pun meluruskan kabar kedekatan Celine dengan Burhanuddin yang dimaksud artian kekeluargaan. Karena, Celine pun dekat dengan Srunning Burhanuddin, istri Jaksa Agung.

"Bahwa benar artis Celine Evangelista memiliki kedekatan secara kekeluargaan dengan keluarga istri dari Jaksa Agung yakni Sruningwati Burhanuddin dan anak perempuannya," kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana dalam keterangannya, Jumat (3/11).

Bahkan, Sruningwati Burhanuddin juga kerap beberapa kali mengajak maupun mengundang Celine untuk mengisi acara keluarga di rumah dinas Jaksa Agung sebagai MC. Termasuk, acara PERSAJA Charity Concert yang dihadiri oleh Jaksa Agung;

"Oleh karenanya, Ibu Sruningwati Burhanuddin telah menganggap Celine Evangelista sebagai anak karena memiliki hubungan dekat dengan anak perempuannya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Menganggu Kejaksaan yang Fokus Berantas Korupsi

Ketut pun berharap dengan adanya penjelasan ini, bisa menjelaskan terkait isu kedekatan Celine. Agar pemberitaan yang tidak sesuai fakta sebenarnya, tak merugikan Kejaksaan secara institusional.

"Hal ini dapat mengganggu Kejaksaan yang sedang masif dalam melakukan pemberantasan korupsi dengan jumlah triliunan. Demikian klarifikasi sekaligus jawaban pemberitaan yang selama ini berkembang," ucap Ketut

"Karena cenderung menyudutkan dan merugikan Jaksa Agung secara pribadi dan keluarga. Selain itu saudara Celine Evangelista juga turut dirugikan secara personal dan keluarga," tambahnya.


Berikan Uang kepada Celine

Dalam persidangan pada Rabu, 25 Oktober 2023, Amel mengaku bersama dengan Jeklin selaku istri tersangka Andi Ardiansyah menyerahkan uang Rp5 miliar kepada pengacara Krisna Mukti. Selain itu, uang Rp3 miliar yang dimintanya kepada Jeklin dimaksudkan salah satunya untuk membelikan hadiah ulang tahun Jaksa Agung.

Dari jumlah tersebut, Amel pun memberikan uang Rp500 juta kepada Celine atas inisiatifnya sendiri, lantaran mengetahui artis tersebut memiliki kedekatan dengan lingkungan Jaksa Agung, sekaligus memintanya membantu menyampaikan kasus yang menjerat tersangka Andi Ardiansyah.

Menurut Amel, Celine sempat ragu untuk menyampaikan kasus tersangka Andi Ardiansyah kepada Jaksa Agung. Namun akhirnya, Celine menyatakan akan memberitahukan urusan itu ke ST Burhanuddin yang dipanggilnya dengan sapaan ‘Papa’.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Infografis Jaksa Agung dan Wacana Kajian Hukuman Mati Koruptor. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jaksa Agung dan Wacana Kajian Hukuman Mati Koruptor. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya