Panglima TNI Siapkan 3 Pesawat untuk Angkut Warga Palestina ke Indonesia

Pemerintah akan mengevakuasi 1.000 warga Palestina korban perang Israel untuk dirawat di rumah sakit Indonesia.

oleh Nafiysul QodarTim News diperbarui 15 Jun 2024, 10:18 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2024, 10:18 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengirimkan sejumlah alat untuk menurunkan barang bantuan dari ketinggian dengan metode airdrop ke pemerintahan Yordania yang bakal dikirimkan ke warga Gaza Palestina.
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengirimkan sejumlah alat untuk menurunkan barang bantuan dari ketinggian dengan metode airdrop ke pemerintahan Yordania yang bakal dikirimkan ke warga Gaza Palestina. (Tim News).

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memastikan pihaknya telah menyiagakan tiga unit pesawat untuk mengangkut warga Palestina yang menjadi korban luka-luka akibat serangan Israel untuk dirawat di Indonesia.

Agus mengungkapkan, tiga pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) yang disiapkan untuk evakuasi warga Palestina tersebut, di antaranya adalah jenis Boeing-737 400/500 serta Hercules C-130 tipe J dan Tipe H. Hal ini disampaikan Agus dalam paparannya di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat pada Jumat (14/6/2024) kemarin. 

Adapun pesawat Boeing yang disiagakan dapat menampung 41 kru, 86 penumpang, dan logistik yang beratnya mencapai 10.000 kilogram. Sementara untuk perawatan Hercules tipe J dapat menampung penumpang dan kru sebanyak 51 orang, sedangkan tipe H sebanyak 55 orang.

Pesawat tersebut akan beroperasi untuk membawa warga Palestina ke Indonesia agar dapat dirawat di rumah sakit milik TNI yakni Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman. Demikian seperti dilansir Antara.

Dua rumah sakit tersebut dapat menampung pasien hingga 1.000 orang. Agus memastikan, seluruh korban perang di Palestina akan mendapatkan penanganan medis yang berkualitas.

Selain pengobatan medis, TNI juga menyediakan petugas khusus untuk menangani trauma para korban perang.

Tidak hanya itu, TNI juga telah menyiapkan bantuan lanjutan untuk dikirimkan ke Gaza berupa KRI yang akan menjadi rumah sakit apung, alutsista tambahan hingga bantuan logistik.

Panglima TNImemastikan, bantuan tersebut akan dikirimkan jika gencatan senjata telah terjadi di Gaza dan pihak TNI mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prabowo Akan Evakuasi 1.000 Warga Palestina ke Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri Konferensi Tanggap Darurat Gaza di Yordania.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri Konferensi Tanggap Darurat Gaza di Yordania. (Foto: Tim Media Prabowo Subianto).

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, Indonesia telah menyusun sejumlah langkah untuk membantu penyelesaian kejahatan kemanusiaan di Palestina oleh invasi Israel.

Salah satunya, Indonesia bersedia untuk melakukan evakuasi terhadap 1.000 pasien untuk dirawat di rumah sakit Indonesia.

“Disusunlah langkah-langkah untuk mengatur bantuan dan Indonesia sudah umumkan, kita siap mengevakuasi 1.000 pasien untuk dirawat di Indonesia dan begitu (mereka) sembuh akan dikembalikan ke Gaza, atau begitu situasi normal,” kata Prabowo melalui siaran pers diterima, Jumat (14/6/2024).

 


Siapkan Pesantren untuk Anak-Anak Palestina

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas keberangkatan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat- 992 yang membawa bahan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza, Palestina.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas keberangkatan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat- 992 yang membawa bahan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza, Palestina. Secara simbolis, Prabowo melepas keberangkatan KRI tersebut di Kolinlamil, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (18/1/2024). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Selain bantuan kesehatan, Prabowo juga mengungkap ada inisiatif untuk bantuan kepada anak-anak Palestina yang menjadi korban perang ke sejumlah pesantren di Jawa Timur. Prabowo mengatakan, inisiatif itu muncul dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Saya juga tawarkan, atas inisiatif Ibu Khofifah Gubernur Jawa Timur dan juga tokoh-tokoh, pimpinan ponpes, siap menampung yatim piatu anak-anak yang kena trauma," ungkap Prabowo.

Prabowo meyakini, bantuan Indonesia adalah bagian dari upaya memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina sekaligus mendukung perdamaian abadi di wilayah tersebut.

“Pemerintah sedang mendorong langkah-langkah bersama berbagai pihak, agar Indonesia dapat mengirim tenaga medis untuk mengoperasikan RS lapangan di kawasan Gaza,” Prabowo menandasi.

Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya