Jokowi Apresiasi Prestasi Puteri Indonesia di Kancah Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Puteri Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8/2024).

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 06 Agu 2024, 08:40 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 08:40 WIB
Kunjungan Puteri Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8/2024). (Kredit foto: Instagram official Puteri Indonesia)
Kunjungan Puteri Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8/2024). (Kredit foto: Instagram official Puteri Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Puteri Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8/2024). Kunjungan tersebut dipimpin oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Putri Kus Wisnu Wardani dan diikuti oleh empat orang Puteri Indonesia.

Keempat Puteri Indonesia itu yakni, Harashta Haifa Zahra, Miss Supranational 2024 dan ajang Puteri Indonesia 2024; Sophie Kirana sebagai juara di Miss International Indonesia 2024 dan Puteri Indonesia Lingkungan 2024; Ketut Permata Juliastrid, Miss Cosmo Indonesia 2024 dan Puteri Indonesia 2024; Melati Tedja, Miss Charm 2024 dan Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024.

"Jadi Presiden berkenan menerima empat Puteri Indonesia, empat pemenang Puteri Indonesia 2024, di mana salah satunya, Harashta sebagai Puteri Indonesia 2024 yang baru saja memenangkan Lomba Pemilihan Ratu Dunia Miss Supranasional 2024 di Polandia," ujar Kus Wisnu kepada awak media usai pertemuan dengan presiden, seperti dikutip Selasa (6/8/2024).

Kus Wisnu menjelaskan, pada ajang tersebut, Harashta membawa nama baik Indonesia dan bersaing dengan 68 negara lainnya. Hasilnya, Harashta mampu membuktikan kompetensinya sebagai Puteri Indonesia dengan disaksikan oleh satu miliar pemirsa dari seluruh dunia.

"Tata (sapaan akrab Harashta) tidak hanya berhasil mempertunjukkan kebolehannya di dalam menjawab pertanyaan, menguasai dirinya, tetapi juga mempertontonkan budaya Indonesia. Dia menang sebagai Best Talent Show, membawakan tarian Jaipong dari Jawa Barat, dari mana dia berasal, dan juga medley dengan tarian Bali, menembang bubuy bulan dan bermain kecapi pada saat yang bersamaan," ungkap Kus Wisnu.

Kus Wisnu meyakini, kemenangan Harashta merupakan kesempatan yang sangat langka dan membanggakan bagi Indonesia untuk bisa tampil di dunia internasional. Sebab, bukan hanya mempertontonkan budaya Indonesia melalui musik dan tarian ke mata dunia, tetapi juga baju-baju yang dikenakan selama masa karantina yang menggunakan wastra Indonesia.

"Tentunya saya harapkan Puteri Indonesia lainnya, ketiga putri yang lain juga yang akan berangkat ke Jepang, akan berangkat ke Amerika, dan akan berangkat ke Vietnam juga menyusul Harasta, membawa prestasi bagi Indonesia," harap Kus Wisnu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Mengaku Kagum

Presiden Jokowi mengaku kagum dengan prestasi dan capaian yang diukir oleh Yayasan Putri Indonesia. Menurut kepala negara, hal itu adalah sesuatu yang juga dirinya lakukan dalam kegiatan kenegaraan yang bersifat global.

"Presiden sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Yayasan Puteri Indonesia dan atas prestasi yang sudah diraih oleh Tata. Karena hal yang sama yang beliau lakukan untuk bangsa dan negara ini melalui beberapa organisasi dan event internasional seperti G20, ASEAN, APEC," tutur Kus Wisnu.

"Dan tadi beliau langsung meminta kepada Bapak Menteri Sekretaris Negara untuk melibatkan puteri di semua event internasional yang diadakan oleh Indonesia," imbuhnya menandasi.

 

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya