TII Ungkap Alasan Gerindra Terpilih Jadi Parpol Paling Transparan Kelola Keuangan

Transparency International Indonesia (TII) bekerja sama dengan KPK membuat laporan terkait transparansi partai politik dalam mengelola keuangan. Hasilnya, Partai Gerindra menjadi parpol paling transparan dalam mengelola keuangan.

oleh Nafiysul QodarTim News diperbarui 07 Agu 2024, 17:10 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 17:10 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan, dirinya bertekad melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan, dirinya bertekad melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Tim Media Prabowo Subianto)

 

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra dinilai sebagai partai yang paling transparan dalam mengelola keuangannya. Hal tersebut terungkap dalam laporan yang dibuat Transparency International Indonesia (TII) yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2023.

Editor Research TII, Sahel Muzammil menjelaskan bagaimana partai pimpinan Prabowo Subianto tersebut unggul atas partai politik (parpol) lain mengenai transparansi keuangan. Dia menyebut, Partai Gerindra selalu mempublikasikan laporan keuangan yang sudah diaudit oleh akuntan publik.

“Di tempat lain, ada partai yang bahkan tidak mempublikasi LPJ bantuan keuangan dari APBN,” ucap Sahel kepada wartawan, Rabu (7/8/2024).

Tidak hanya itu, kata dia, bahkan ada parpol yang tidak memberikan dokumen laporan keuangan sekalipun telah diminta melalui mekanisme UU Keterbukaan Informasi Publik.

“Jadi dalam perbandingan ini, Gerindra memang terlihat paling baik di antara yang lain,” ungkap Sahel.

“Saya kira kesimpulan riset kami juga sejalan dengan hasil penilaian yang dilakukan Komisi Informasi, yang juga sering menempatkan Gerindra sebagai partai yang paling transparan dalam soal keuangan,” lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Parpol Lain Diharap Ikuti Transparansi Gerindra

Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024
Sebelumnya, ada pawai bendera partai politik peserta Pemilu 2024.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk itu, ia berharap langkah yang telah dilakukan Partai Gerindra dalam melakukan transparansi keuangannya dapat diikuti oleh partai-partai lain.

“Bahkan kita harapkan bisa lebih baik dari Gerindra. Seharusnya keterbukaan keuangan menjadi selling point yang juga dikompetisikan oleh partai politik,” ujar Sahel.

Dalam laporan TII tahun 2023, Partai Gerindra meraih posisi unggul di sejumlah kategori penilaian.

Penilaian terhadap kapasitas dan praktik keterbukaan keuangan pada tingkat pengurus pusat 9 partai politik pemilik kursi DPR RI menunjukkan bahwa dalam tiga dimensi yang diukur yakni, regulasi keuangan di tingkat internal, struktur dan sumber daya manusia, dan keterbukaan informasi, Partai Gerindra menduduki posisi terbaik.

“Dimensi regulasi keuangan internal Partai Gerindra capai 55%, Dimensi Struktur dan SDM Partai Gerindra raih 68% dan Keterbukaan Informasi capai 75%,” tulis laporan tersebut.

Infografis Wiranto Antarkan Eks Kader Hanura Gabung Gerindra, Rujuk Politik 2 Jenderal? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Wiranto Antarkan Eks Kader Hanura Gabung Gerindra, Rujuk Politik 2 Jenderal? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya