Pemkab Tangerang Lakukan Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar Sosialisasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait persiapan tahapan pendaftaran bakal calon untuk Pilkada 2024.

oleh Fachri pada 07 Agu 2024, 16:25 WIB
Diperbarui 07 Agu 2024, 16:22 WIB
Pj. Bupati Tangerang.
Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait persiapan tahapan pendaftaran bakal calon untuk Pilkada 2024 di Gedung Serbaguna (GSG), Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Selasa (6/8/2024). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Tangerang Guna menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada 27 November 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait persiapan tahapan pendaftaran bakal calon untuk Pilkada 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony menyebut bahwa kegiatan yang digelar pihaknya bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Polresta Tangerang itu untuk memberikan pemahaman ke masyarakat terkait tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Tangerang.

"Sosialisasi tahapan Pilkada 2024 dilakukan secara intensif untuk memastikan masyarakat memahami setiap tahapan yang akan berlangsung, sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar," sebutnya di Gedung Serbaguna (GSG), Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Selasa (6/8/2024).

Di sisi lain, Andi Ony menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib bersikap netral dalam proses Pilkada 2024 mendatang.

"Netralitas ASN memang harus dilaksanakan, kita sudah mengeluarkan dua aturan terkait netralitas ASN di Kabupaten Tangerang, kita sudah membentuk tim," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masih pada Tahap Verifikasi Calon

Pemkab Tangerang.
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait persiapan tahapan pendaftaran bakal calon untuk Pilkada 2024 di Gedung Serbaguna (GSG), Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Selasa (6/8/2024). (Foto: Istimewa)

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Rudi Lesmana menjelaskan, saat ini tahapan Pilkada 2024 masih berada pada tahap verifikasi calon perorangan.

"Untuk tahapan saat ini kita masih di tahapan verifikasi secara perorangan karena untuk tahap pendaftaran masih pada bulan Agustus," jelasnya.

Rudi mengatakan, proses verifikasi itu meliputi pengecekan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Daftar Pemilih Hasil Tetap (DPHT). Ia menyebut, hal itu untuk memastikan hak pilih masyarakat serta validitas calon perorangan yang akan maju sebagai calon Bupati Tangerang.

"Terkait dengan potensi titik rawan, hingga saat ini belum ditemukan titik kerawanan yang signifikan dan Alhamdulillah untuk titik rawan masih bisa kita antisipasi karena adanya tim penanganan konflik maupun tim kewaspadaan dini," katanya.

"Tim tersebut terus bekerja untuk mengantisipasi dan mencari solusi terbaik bagi setiap permasalahan yang muncul, guna memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses Pilkada 2024," jelas Rudi.

Dirinya pun berharap agar Pilkada 2024 di Kabupaten Tangerang dapat berjalan aman, tertib, dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih seluruh masyarakat.

"Harapan agar Pilkada 2024 ini bisa berjalan secara aman, tertib, dan menghasilkan pemimpin yang memang dipilih seluruh warga masyarakat, mengabdi ke masyarakat dan bisa menjalankan program-program dengan baik dan menjadikan Kabupaten Tangerang menjadi semakin gemilang," ujar Rudi.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya