Indonesia-Africa Forum, Jokowi Ingin Ciptakan Perubahan Positif di Tengah Tantangan Ekonomi Global

Jokowi mengatakan, Indonesia-Africa Forum Ke-2 bertujuan untuk menciptakan perubahan positif di tengah dunia yang penuh dengan tantangan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 02 Sep 2024, 09:50 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 09:48 WIB
Presiden Jokowi resmi membuka rapat tinggi Indonesia-Africa Forum Ke-2 di Bali, Senin (2/9/2024).
Presiden Jokowi resmi membuka rapat tinggi Indonesia-Africa Forum Ke-2 di Bali, Senin (2/9/2024). (Foto: tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka rapat tinggi Indonesia-Africa Forum Ke-2 di Bali, Senin (2/9/2024). Dia pun menyapa para kepala negara dan lembaga tinggi internasional yang hadir pada pagi hari ini.

"Yang mulia para pemimpin negara pemimpin organisasi internasional, dan delegasi yang saya hormati, selamat datang di Bali, Indonesia dan terima kasih atas kehadirannya di forum tingkat tinggi kemitraan multipihak dan forum kedua Indonesia Afrika," kata Jokowi seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/9/2024).

Jokowi mengatakan, Indonesia-Africa Forum Ke-2 bertujuan untuk menciptakan perubahan positif di tengah dunia yang penuh dengan tantangan, mulai dari tantangan perlambatan ekonomi dan tingkat pengangguran hingga inflasi yang belum membaik.

"Maupun ketegangan geopolitik yang terus berlanjut yang telah menimbulkan banyak korban jiwa dan menggangu rantai pasok global," ujar dia.

Jokowi mengkritisi, dalam situasi tersebut sangat disayangkan turunnya rasa solidaritas internasional, termasuk semangat multilateralisme yang dirasa semakin dikesampingkan.

"Fragmentasi semakin melebar dan pada akhirnya negara berkembang adalah yang paling berdampak, jutaan rakyat negara berkembang yang paling merasakan kesulitan," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, hanya tersisa 6 tahun menuju 2030 dan baru 17 persen Sustainable Development Goals (SDGs) tercapai. Oleh sebab itu, Jokowi meyakini hal penting dibutuhkan saat ini adalah arah dan visi yang baru.

"Kita perlukan strategi baru, kita perlukan langkah taktis baru untuk mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan inklusif bagi negara berkembang," Jokowi menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Kenalkan Prabowo di Jamuan Makan Malam Indonesia-Africa Forum di Bali

Presiden terpilih sekaligus Menhan Prabowo Subianto hadir dalam makan malam acara Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2, pada Minggu (1/9/2024).
Presiden terpilih sekaligus Menhan Prabowo Subianto hadir dalam makan malam acara Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2, pada Minggu (1/9/2024). (Foto: tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut hangat semua perwakilan negara dari Benua Afrika yang hadir di Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2, pada Minggu, 1 September 2024. Penyambutan disampaikan Jokowi dalam jamuan makam malam atau gala dinner yang berlangsung di Intercontinental Bali Resort, Kabupaten Badung, Bali.

"Semuanya, saya ucapkan selamat datang di Bali, di Indonesia dan terima kasih atas kehadiran Anda di sini," sambut Jokowi dalam pidato pembukanya malam ini, seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (1/9/2024).

Jokowi mengaku, sebuah kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi dari Forum Indonesia Afrika. Tujuannya, untuk memajukan pembangunan global yang inklusif dan berkelanjutan bagi Indonesia dan Afrika.

"Indonesia tetap berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika dan ini juga akan dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya," janji Jokowi.

Jokowi pun lalu mengenalkan Prabowo Subianto yang juga hadir di lokasi acara. Dia memastikan, Prabowo sebagai presiden terpilih akan dilantik bulan depan dan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan Republik Indonesia.

"Dalam kesempatan yang menggembirakan ini, izinkan saya untuk memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto yang akan dilantik bulan depan dan akan memimpin Indonesia ke depannya," kata Jokowi.

Prabowo yang dikenalkan Jokowi langsung berdiri dan memberi salam hormat kepada presiden dan para tamu yang hadir.

"Terima kasih dan selamat menikmati jamuan makan malamnya," tandas Jokowi.


Jokowi Hadiri Jamuan Santap Malam Indonesia-Africa Forum di Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Gala Dinner KTT Indonesia-Africa Forum II di The Intercontinental Bali, Minggu (1/9/2024) malam.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Gala Dinner KTT Indonesia-Africa Forum II di The Intercontinental Bali, Minggu (1/9/2024) malam. (Dok. Istimewa)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi terpantau tiba di jamuan santap malam Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 di Badung, Bali, Minggu malam (1/9/2024). Jokowi mengenakan kemeja bernuansa hijau-kuning dengan motif garis-garis horisontal.

Jokowi tiba sekitar pukul 18.50 Wita di tempat jamuan santap malam Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 di Badung, Bali. Demikian dilansir dari Antara.

Ketibaan Jokowi disusul oleh sejumlah jajaran kepala negara dan pimpinan delegasi dari negara peserta Indonesia-Africa Forum (IAF) dan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP).

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyambut para pimpinan delegasi di pintu masuk dan mengarahkan mereka untuk foto bersama dengan Jokowi.

Presiden Jokowi tiba Pulau Dewata menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, sekitar pukul 15.40 Wita.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyampaikan Indonesia-Africa Forum ke-2 akan secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo melalui upacara pembukaan yang akan digelar di Hotel Mulia Nusa Dua Bali Senin, 2 September 2024.

 

Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi
Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya