Rembuk Nasional Pemuda Indonesia Kedua, Siap Songsong Indonesia Emas

Kekuatan pemuda terletak pada semangat persatuan dan sinergi

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 09 Sep 2024, 16:23 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 04:21 WIB
Founder Rembuk Pemuda, Aidil Afdan Panarang (Istimewa)
Founder Rembuk Pemuda, Aidil Afdan Pananrang (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Founder Rembuk Pemuda, Aidil Afdan Panarang menyatakan, Peringatan Rembuk Nasional Pemuda Indonesia (RNPI) Kedua telah sukses digelar, Minggu (8/9/2024). Menurut dia, RNPI ke-II menyatukan mahasiswa, tokoh pemuda, wirausaha muda, profesional muda, forum OSIS, dan berbagai perwakilan tokoh muda lainnya.

“Mereka berkumpul untuk berdiskusi dan menyampaikan aspirasi dari berbagai sektor untuk memberikan dampak positif di komunitas masing-masing,” kata Aidil dalam keterangan pers diterima, Senin (9/9/2024).

Aidil menekankan kekuatan pemuda terletak pada semangat persatuan dan sinergi. Sebab kekuatan anak muda bukan pada ketokohan individu, melainkan pada persatuan suara yang dihasilkan dari kegiatan RNPI.

“Rembuk Pemuda bukan hanya sekadar momentum politik, melainkan sebuah wadah konkret bagi pemuda untuk tetap relevan dengan isu kebangsaan dan berkontribusi pada agenda pembangunan menuju Indonesia Emas 2045,” yakin dia.

Sebagai informasi, Peringatan Rembuk Nasional Pemuda Indonesia diselenggarakan di The Ballroom at Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2024) dengan Mengusung tema “Reposisi Gerakan Pemuda dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Selain itu, acara ini dihadiri oleh lebih dari 2.000 pemuda dari 21 provinsi di Indonesia.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Rembuk Pemuda, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yang dalam Welcoming Speech-nya menegaskan peran penting Rembuk Pemuda dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Jadi pentingnya peran pemuda dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai bagian dari agenda pembangunan nasional,” ujar perempuan karib disapa Saras ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya Peran Pemuda

Sebagai informasi, Pidato Kebangsaan oleh Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong, dan Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas RI, Amich Almuhami, yang turut menyemarakkan acara ini. Mereka menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam membangun negara dan merayakan momentum satu tahun Rembuk Pemuda.

Diketahui, hadir dalam acara ini juga dihadiri tokoh penting, termasuk Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar, serta sejumlah pimpinan perusahaan, juga memberikan dukungan dan apresiasi terhadap acara ini. Menteri Pertanian Amran Sulaiman menilai bahwa kegiatan seperti ini perlu diadakan secara rutin untuk memantik semangat pemuda dan menginspirasi mereka untuk terus maju.

Infografis Kilas Balik Kunjungan Paus ke Indonesia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Kunjungan Paus ke Indonesia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya