Zulhas Puji Capaian Jokowi Jelang Pensiun: Masyarakat Banyak yang Mengakui

Zulkifli Hasan mengatakan banyak hal yang berhasil dilakukan Jokowi, salah satunya menyelamatkan Indonesia dari pandemi Covid-19 yang begitu berat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 09 Okt 2024, 11:36 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 11:36 WIB
Zulkifli Hasan Temui Presiden Jokowi di Istana
Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan melambaikan tangan seusai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/7). Jokowi dan Zulkifli melakukan pertemuan tertutup membicarakan berbagai isu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memuji capaian Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama sepuluh tahun memimpin Indonesia, menjelang pensiun pada 20 Oktober 2024. Dia mengatakan banyak hal yang berhasil dilakukan Jokowi, salah satunya menyelamatkan Indonesia dari pandemi Covid-19 yang begitu berat.

"Sebelum saya mengakhiri laporan ini, izin Pak, mungkin ini karena sambutan terakhir Bapak, kami semua terima kasih Bapak Presiden telah menyelamatkan kita dari Covid 2 tahun yang begitu berat, tidak mudah," kata Zulhas saat pembukaan Trade Expo Indonesia ke-39 di ICE BSD Tangerang, Banten, Rabu (9/10/2024).

Menurut dia, Jokowi juga telah membangun infrastruktur transportasi dan pusat-pusat pariwisata di daerah. Zulhas mengatakan pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan perdagangan di era Jokowi juga terkendali.

"Banyak yang sudah Bapak lakukan, transportasi mulai zaman Bung Karno Jakarta tidak selesai sekarang tembus Pak jakarta-surabaya, Lampung sampai Aceh, Bapak bangun pusat-pusat wisata komodo, danau Toba, Mandalika," ujarnya.

"Pertumbuhan ekonomi yang stabil rata-rata 5 persen lebih, inflasi terkendali, perdagangan Pak, Alhamdulillah 52 bulan terus-terusan surplus, 52 bulan bapak," sambung Zulhas.

Ketua Umum PAN itu meyakini transisi pemerintahan Jokowi ke Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto akan berjalan mulus. Dia pun menilai ini merupakan proses transisi pemerintahan terbaik di Indonesia.

"Insya Allah, peralihan pemerintahan menurut saya ini yang terbaik Insya Allah ini yang terbaik. Banyak sekali yang sudah Bapak lakukan untuk Indonesia," tutur dia.


Berterimakasih

Zulhas menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas kepemimpinannya selama 10 tahun. Dia menuturkan sebagaian besar masyarakat Indonesia pun mengakui keberhasilan Jokowi memimpin Indonesia.

"Tentu sebagai manusia pasti tidak sempurna, tapi banyak yang sudah Bapak lakukan kami bersaksi. Masyarakat kita cerdas sebagian besar mengakui. Memang sedikit Pak, jadi nggak usah khawatir sedikit Pak, yang selalu salah, apapun salah, apapun salah," ucap Zulhas.

Dia mendoakan agar Jokowi tetap sehat. Zulhas juga berharap Jokowi dapat terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia, meski sudah tak lagi menjadi presiden.

"Doa kami Bapak selalu sehat dan kami percaya kami yakin di manapun bapak pasti akan memberikan terbaik untuk Indonesia di manapun Bapak berada. Sekali lagi terima kasih Bapak Presiden," pungkas dia.

"Saya kira demikian, kalau diteruskan saya kelihatannya gagah pintar ngomong, tapi kalau diteruskan saya juga cepat keluar air mata bapak," imbuh Zulhas.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo dan Gibran berhasil memenangi Pilpres 2024.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya