Budi Arie Sebut Prabowo Tak Izinkan Jokowi Pulang ke Solo Naik Pesawat Komersil

Menurut Budi Arie, tidaklah elok jika Jokowi, mantan presiden yang sudah memimpin selama dua periode dibiarkan untuk pulang menggunakan pesawat komersil.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 20 Okt 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 17:15 WIB
Jokowi dan Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (20/10/2024).
Jokowi dan Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengungkap alasan Joko Widodo atau Jokowi batal naik pesawat komersil saat kepulangan ke Solo hari ini, Minggu (20/10/2024). Menurut Budi, hal itu disebabkan larangan yang disampaikan Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto.

"Memang enggak dikasih (izin), harus pakai pesawat kenegaraan, iya permintaan (Prabowo)," kata Budi di Lapangan Udara Skadron Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Menurut Budi Arie, tidaklah elok jika seorang mantan presiden yang sudah memimpin selama dua periode dibiarkan untuk pulang menggunakan pesawat komersil.

"Ya masa mantan Presiden dikasih naik komersil?," ujar Ketua Umum Ormas Projo ini.

Maka dari itu, Budi pun memastikan batalnya rencana penggunaan pesawat komersil bukan karena Jokowi yang meminta untuk menumpangi pesawat militer. Namun karena perintah dari Presiden Prabowo.

"Iya bukan (permintaan Jokowi naik pesawat TNI)," Budi menandaskan.

Jokowi sempat dijadwalkan naik pesawat komersil usai purnatugas sebagai presiden untuk kembali ke kampung halamannya. Saat dikonfirmasi terakhir kali soal tersebut, Jokowi mengaku masih coba mencari tiket pulang.

"Belum beli tiket," kata Jokowi di Medan, Sumatera Utara, Rabu 16 Oktober 2024.

Sebagai informasi, belum ada rencana khusus yang akan dilakukan Jokowi setibanya di Solo. Bahkan dia mengaku, yang terpikirkan saat sampai di kediamannya di Solo adalah untuk beristirahat.

"Pulang ke Solo, tidur," ujar Jokowi.

 

 

Jokowi dan Iriana Lambaikan Tangan, Tinggalkan Jakarta ke Solo

Presiden Ketujuh RI Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024).
Presiden Ketujuh RI Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). (tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). Dia diantar oleh Presiden Kedelapan RI Prabowo Subianto dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sesaat setelah tiba di Halim, Jokowi menyapa mereka yang datang. Dia juga melayani permintaan untuk foto bersama.

Rombongan para menteri Kabinet Indonesia Maju tiba di baseops squadron Halim Perdanakusuma dan berdiri berjajar di dekat pesawat yang akan ditumpangi Jokowi dan Ibu Iriana. Terlihat Airlangga Hartarto, Muhadjir Effendy, Sandiaga Uno, Agus Gumiwang, Bahlil Lahadalia, hingga Zulkifli Hasan.

Mereka hadir untuk mengantar kepulangan Joko Widodo ke kampung halamannya di Solo. Jokowi pun menyalami satu per satu para menteri yang hadir.

Sesaat kemudian, Jokowi dan Iriana yang membawa buket bunga menaiki pesawat dan keduanya melambaikan tangan kepada para pejabat yang hadir mengantar di Lanud Halim.

Sementara itu, suasana haru mengiringi salam perpisahan Jokowi. Putrinya, Kahiyang Ayu menitikkan air mata saat mengantar kepulangan kedua orangtuanya ke Solo dari Halim Perdanakusuma.

Antar Jokowi Pulang ke Solo, Prabowo: Kita Mendoakan yang Terbaik

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Gantikan Jokowi-Ma'ruf Amin
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. (BAY ISMOYO/AFP)

 Presiden ke-8 Republik Indonesia, Prabowo Subianto mengantarkan Joko Widodo (Jokowi) ke Bandara Squadron Halim Perdanakusuma Jakarta untuk bertolak ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). Jokowi pulang ke kampung halamannya, usai purna tugas sebagai presiden selama dua periode 2014-2024.

Kepada Jokowi, Prabowo terus berharap agar kebaikan selalu menyertai. Termasuk, kepada semua hal yang menyangkut bangsa Indonesia.

"Kita mendoakan yang terbaik, semuanya," kata Prabowo kepada awak media di lokasi pada sore hari ini.

Prabowo menambahkan, tidak ada hal khusus yang disampaikan Jokowi sepanjang perjalanannya mengantar Jokowi di dalam mobil. Namun satu hal yang selalu dititipkan adalah kuatkan diri untuk memimpin Indonesia dengan terus berdoa.

"Enggak ada yang khusus, tapi beliau selalu mengatakan, beliau selalu menyampaikan ke saya, beliau berdoa saya kuat untuk menerima tanggung jawab yang besar," ungkap Prabowo menyampaikan pesan Jokowi.

 

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya