Tokoh-tokoh Ini Ngaku Kenal Bunda Putri, yang Lain?

Nama Bunda Putri terus menjadi pembicaraan sejumlah pihak. Sejumlah tokoh penting mengaku kenal dengan sang Bunda. Siapa saja mereka?

oleh Muhammad Ali diperbarui 25 Okt 2013, 00:03 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2013, 00:03 WIB
bunda-putri-tokoh-131024c.jpg
Nama Bunda Putri kini menjadi perbincangan hangat dalam beberapa pekan terakhir. Masyarakat seantero negeri pun penasaran dibuatnya, siapa sesungguhnya sosok yang dikenal dengan nama Non Saputri itu.

Sejak pertama kali namanya muncul dalam persidangan Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq terkait kasus suap kuota impor daging sapi, Bunda Putri dinilai sebagai sosok yang berpengaruh di negeri ini. Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta,  Kamis 10 Oktober 2013, Luthfi menyebut Bunda Putri merupakan orang dekat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengetahui kebijakan reshuffle kabinet Indonesia Bersatu.

Sontak pernyataan Luthfi Hasan itu memantik geram SBY. Usai turun dari pesawat, SBY yang baru tiba kunjungan dari Brunei Darussalam langsung menggelar konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

"Dia (Bunda Putri) sangat tahu kebijakan reshuffle, 2.000 persen bohong," ujar Presiden SBY saat konferensi pers di Base Ops TNI Angkatan Udara Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Kamis 10 Oktober 2013 malam.

Sejumlah tokoh pun turut menampik kenal dengan wanita tersebut. Alibi lantas dilontarkan untuk menguatkan pendapatnya. Meski foto yang diklaim sebagai Bunda Putri muncul di dunia maya terpampang dengan sejumlah tokoh penting negeri ini.
 
Lantas siapa saja orang-orang penting tersebut yang mengaku kenal dengan sang Bunda? Ini dia:


lhi-bunda-putri-131011a.jpg
1. Hatta Rajasa

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan kenal dengan Bunda Putri. Bahkan dia mengaku pernah berfoto ria dengan Bunda Putri, namun kejadian itu terjadi beberapa tahun lalu saat sedang berada di sebuah acara resmi.

"Tahulah, bohong kalau saya tidak tahu. Kalau saya difoto orang pake jas, orang minta foto. Misalkan di acara pesta, perkawinan," kata Hatta saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Meski demikian, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku tak mengenal akrab sosok Bunda Putri. Namun Hatta mengaku pernah bertemu sosok Bunda Putri yang terbukti adanya foto dirinya dengan Bunda Putri.

"Saya tahunya dia (Bunda Putri) orang Malaysia, beberapa tahun yang lalu saya lihat dia perwakilan Malaysia, perwakilan Petronas," ungkapnya.


faisal-basri-bunda-putri-131022b.jpg
2. Adik Wapres Boediono

Adik Wakil Presiden Boediono, Tuti Iswari, mengaku mengenal Bunda Putri yang namanya disebut-sebut dalam persidangan kasus suap pembahasan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Pengakuan itu disampaikan saat Tuti mengklarifikasi soal keterlibatannya dalam kasus suap tersebut.

"Saya memang adik kandung Wapres Boediono dan saya memang mengenal Bunda Putri yang namanya sering disebut soal impor daging sapi," kata Tuti Iswari kepada pers di Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Dia mengaku kenal Bunda Putri pada 2008 melalui Marzuki Usman, yang pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi, serta Menteri Kehutanan dan Perkebunan. Tuti mengaku diperkenalkan dengan Bunda Putri karena suka kegiatan sosial dan sama-sama aktif di "Bulaksumur Senior Economist Foundation".

"Saya dengan Marzuki Usman berteman baik dan dari pertemanan tersebut saya dikenalkan dengan Putri," katanya.


hilmi-link130516c.jpg
3. Mentan Suswono

Menteri Pertanian Suswono mengakui pernah bertemu dengan `Bunda Putri`, sosok misterius yang disebut-sebut dalam persidangan perkara suap impor daging sapi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

"Pernah, waktu itu di Kalbar (Kalimantan Barat) ketika mengunjungi pabrik pupuknya dia. Seingat saya itu pertama kalinya saya bertemu," kata Suswono di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Menurutnya, dia juga pernah bertemu dengan Bunda Putri dalam acara lainnya. "Seingat saya ada acara hari PKK di Kalbar. Tapi tidak ada peresmian. Waktu itu Presiden hadir dalam rangka pencanangan gerakan perempuan untuk pekarangan," jelasnya.


choel-kpk-131016b.jpg
4. Choel Mallarangeng

Chief Executive Officer (CEO) Fox Indonesia, Andi Zulkarnaen Mallarangeng mengaku mengenal sosok Bunda Putri yang namanya kerap muncul dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta. Bahkan, pria yang akrab disapa Choel ini mengaku pernah bertemu dengan sosok misterius tersebut.

"Kenal. Pernah lihat, saya juga pernah ketemu," kata Choel Mallarangeng di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Namun, Choel membantah sosok Bunda Putri tersebut adalah Kepala Rumah Tangga Cikeas yang bernama Sylvia Solehah atau yang biasa disapa Ibu Pur.

"(Bunda Putri) Bukan (orang Cikeas). Orang Petronas," ungkap Choel.

Kendati demikian, Choel enggan menjelaskan secara detail sosok yang sempat membuat Presiden SBY gusar. "Nggak tahu saya," jawab Choel yang ditanya mengenai identitas asli Bunda Putri.


suswono-siang-130619b.jpg
5. Hilmi Aminuddin

Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hilmi Aminuddin akhirnya memenuhi panggilan sidang kasus suap impor sapi, setelah mangkir pekan lalu. Dalam kesaksiannya ini, pria yang karib disapa Ustad Hilmi itu menyebut identitas asli Bunda Putri.

"Saya mengenal beliau dengan sebutan Non Saputri," kata Hilmi dalam kesaksiannya di hadapan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Hilmi tidak menjawab rinci, hanya menyebut nama Non Saputri. Informasi yang diperoleh Liputan6.com, Bunda Putri memang bernama asli Non Saputri, seorang pengusaha pertanian dan perkebunan yang juga senior advisor perusahaan minyak Malaysia. Kediamannya di kawasan elite Pondok Indah, Jakarta Selatan.


bunda-putri-7-131018b.jpg
6. Ekonom Faisal Basri

Foto ekonom Faisal Basri dengan Bunda Putri sudah tersebar. Faisal yang juga mantan calon gubernur DKI dari jalur independen itu akhirnya angkat bicara. Faisal mengunggah kisah perkenalan dirinya dengan Bunda Putri lewat blog dan disebarkan melalui akun twitter-nya @FaisalBasri.

"Bunda Putri yang Saya Kenal." Begitu judul tulisan panjang Faisal Basri yang disebarkan Selasa (22/10/2013) dini hari dan ditulis pada Senin 21 Oktober 2013. Dalam tulisan itu, Faisal menuturkan awal pertemuannya dengan Bunda Putri.

"Saya pertama kali bertemu Bunda Putri tahun 2007 di coffee shop hotel Le Meridien, diperkenalkan oleh Kosasih yang juga baru saya kenal ketika itu. Perkenalan dengan Kosasih lewat Azwar Zulkarnaen, rekan saya di Pergerakan Indonesia," kata Faisal.

Faisal melanjutkan, Kosasih dan Azwar berkecimpung dalam bisnis tambang batubara. Bunda Putri menemui Faisal setelah bertemu dengan seorang menteri Somalia, yang sedang berkunjung di Jakarta. "Entah apa urusannya, Bunda Putri tak bercerita," beber mantan Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) ini.


hatta-rajasa130607c.jpg
7. Yang Lain?

Setidaknya, ada 7 foto yang telah beredar tentang sejumlah tokoh yang berpose dengan seorang wanita yang disebut sebagai Bunda Putri. Bunda yang terlihat memiliki rambut pendek di atas bahu, berponi, dan memiliki tubuh yang terlihat kurus itu mengenakan kacamata.

Namun, dari sejumlah tokoh yang dikonfirmasi mengaku tak kenal dengan wanita asal Kuningan, Jawa Barat, tersebut.

"Saya enggak inget dan enggak kenal," kata Sutiyoso dimintai konfirmasi, Jumat 18 Oktober 2013.

Tak hanya itu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang wajahnya terpampang bersama Bunda Putri ini juga menegaskan dirinya tak mengenal sosok Bunda yang menyematkan pin padanya saat berlangsung Musyawarah Nasional 2 Barisan Indonesia.

"Betul itu foto saat 'nyematin' pin. Itu yang mau nyematin harusnya orang lain, tapi tidak tahu dia (diduga Bunda Putri) tiba-tiba nyalip mau 'nyematin' gitu," katanya usai mengisi kuliah umum di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (22/10/2013).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono membenarkan bahwa Bunda Putri merupakan anak dari almarhum H Ahmadi. Dia adalah mantan ketua DPD Golkar Jakarta di zaman pemerintahan Soeharto.

"Itu betul itu, setahu saya betul itu. Karena saya aktivis dan pengurus Golkar DKI. Bos saya dan komandan saya itu adalah almarhum H Ahmadi," kata Agung saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Meski kenal akrab dengan ayah dari Bunda Putri, tetapi Agung yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) mengaku tak mengetahui wanita misterius itu kerap bermain proyek dengan para pejabat negara.

"Nggak tahu saya, saya tahunya anaknya Pak Ahmadi saja," ujar Agung. (Ali)


Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya