Bahlil Sebut Erick Thohir Figur Pemimpin yang Totalitas Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

Sejak awal diberi mandat Presiden Jokowi sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir dinilai telah banyak mengeluarkan program yang berpihak pada kesejahteraan masyarakat.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Jan 2023, 21:33 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2023, 15:11 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia dalam Seminar Nasional Universitas Pelita Harapan (UPH) bertema ‘Intelektual dan Integritas Generasi Muda Investasi Masa Depan Kepemimpinan Nasional” bertempat di Chapel, Kampus UPH, Selasa (29/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai figur pemimpin yang totalitas dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari berbagai kerja nyata yang telah dilakukan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut.

"(Erick Thohir) bekerja secara total untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Menteri Investasi atau Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia dalam keterangan tertulis, Rabu (25/1/2023).

Sejak awal diberi mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir telah banyak mengeluarkan program yang berpihak pada kesejahteraan masyarakat. Kendati Indonesia sempat dilanda pandemi Covid-19, program penunjang kesejahteraan masyarakat justru semakin digalakkan.

Seperti halnya program KUR, Mekaar dan Makmur yang digalakkan oleh Erick Thohir untuk menopang kesejahteraan masyarakat Indonesia. Berdasarkan data pemerintah pusat, penyaluran kredit Mekaar tercatat mencapai Rp61,4 triliun hingga Desember 2022.

Pada 2022 jumlah nasabah tercatat sebanyak 13,5 juta atau meningkat sekitar 20,5 persen dibandingkan 2021 yang sebanyak 11,2 juta nasabah. Sementara program pemberdayaan masyarakat melalui KUR juga menunjukkan kinerja yang baik.

Bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mencatatkan kontribusi mencapai 90 persen dalam penyaluran KUR tahun 2022. Jumlahnya mencapai Rp328,2 triliun yang disalurkan kepada 7,2 juta nasabah hingga Desember 2022.

Di samping itu, program Makmur berhasil mencapai 168,5 ribu hektare lahan pertanian di seluruh Indonesia. Capaian terus menunjukkan hasil positif dengan target yakni 250 ribu hektare.

Tak hanya itu, selama tiga tahun di pemerintahan pusat, Erick Thohir juga merealisasikan program penunjang kesejahteraan masyarakat lainnya. Program ini di antaranya adalah Sembrani Fund, Merah Putih Fund, Rumah BUMN, Santripreneur, Pesantrenpreneur sampai PaDi BUMN (Pasar Digital BUMN).

 


Figur Pemimpin Masa Depan

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan bantuan penyambungan listrik gratis PT PLN (Persero) kepada Sebanyak 500 rumah tangga di Palembang, Sumatera Selatan. Dok BUMN

Menurut Bahlil, mantan Presiden Inter Milan ini telah mewujudkan kepemimpinan yang berkomitmen tinggi dalam memperbaiki kehidupan masyarakat. Hal tersebut tentu menjadikan Erick Thohir figur yang tepat untuk memimpin Indonesia ke depan.

Karena itu, dia berpendapat bahwa Erick Thohir merupakan figur pemimpin yang dibutuhkan agar masa depan masyarakat menjadi lebih baik. Sebab, menurut dia, pemimpin Indonesia ke depan bukan hanya sosok yang memiliki daya intelektual kuat, melainkan juga figur yang punya tingkat kepedulian tinggi terhadap kondisi masyarakat.

"Pak Erick Thohir ini pemimpin yang luar biasa, pemimpin masa depan bangsa. Indonesia ke depan bukan hanya membutuhkan pemimpin yang pintar, tapi pemimpin yang pintar dan berkarakter dan punya hati untuk rakyat," ucap Bahlil memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya