Kebiasaan Makan Ini Dapat Menyebabkan Diabetes, Hindarilah!

Hindari kebiasaan makan ini agar tidak terkena diabetes.

oleh Helena Yupita diperbarui 05 Apr 2021, 13:41 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2021, 10:05 WIB
ilustrasi Diabetes
ilustrasi Diabetes (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang lezat memang membuat orang merasa senang. Namun, tidak semua makanan lezat itu sehat. Seseorang harus selalu memperhatikan hal ini dengan hati-hati.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Melansir dari laman magforwoman, berikut ini adalah kebiasaan makan yang buruk sehingga dapat menyebabkan diabetes.

1. Melewatkan Sarapan

Jika diibaratkan seperti kerajaan, makan pagi sampai malam sebenarnya memiliki kedudukan yang memiliki porsi yang berbeda. Sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti orang miskin.

Namun terkadang justru sebaliknya, Anda mungkin memiliki jadwal makan yang kacau, akibatnya makan malam terlalu banyak dan sarapan hanya mengonsumsi tidak lebih dari segelas susu.

Hal ini menyebabkan kemungkinan obesitas yang tinggi, yang pada gilirannya akan menyebabkan diabetes.

2. Berlebihan Makan Makanan Manis

Anda mungkin menyukai semua makanan manis yang menggoda. Perlu Anda tahu berapa batas gula dan seberapa aman itu untuk dikonsumsi. Selain mengonsumsi makanan manis, jika Anda tidak melakukan pembakaran, kemungkinan besar hal itu akan menyebabkan diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Makanan Cepat Saji

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)
Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Jika mengonsumsi makanan yang sangat berminyak dan berlemak, Anda memiliki kemungkinan besar terkena diabetes. Kurangi semua hal berdosa itu yang memang lezat dan temukan alternatif yang lebih sehat seperti makanan yang dimasak dengan minyak zaitun, keju rendah lemak, tahu, dan alternatif lain semacamnya.

4. Binge Eating Disorder (BED)

BED bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. BED merupakan perilaku makan yang menyimpang, biasanya penderita sering makan dalam jumlah yang sangat banyak dan sulit menahan godaan tentang makanan.

Jenis kalori yang disimpan tubuh saat Anda makan berlebihan tidaklah nyata. Tubuh segera masuk ke mode penyimpanan lemak dan sementara Anda merasa nyaman dengan diri sendiri sehingga memakan semua makanan lezat, lalu tubuh Anda mungkin akan menuju diabetes.

5. Makan Tidak Teratur

Jika Anda tidak makan setidaknya tiga kali sehari dan kemudian makan enam kali pada hari yang lain dan kemudian tidak makan sama sekali, dan terus mengikuti pola makan yang aneh, maka tubuh akan menjadi bingung dan tidak tahu bagaimana mengatasinya.

Kemungkinan Anda makan apa pun kecuali makanan rumahan, dan tahu bahwa itu akan menyebabkan penyakit diabetes.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya