Ini Dia Beragam Manfaat Biji Rami Buat Kesehatan Tubuh

Biji rami merupakan gudang protein, vitamin E, mineral, dan lemak sehat.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 03 Jul 2023, 22:20 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2023, 22:20 WIB
[Bintang] Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Cegah Kanker Payudara
Biji Rami. | via: thechalkboardmag.com

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka bahwa biji rami ternyata memiliki segudang manfaat untuk membantu menjadi kesehatan. Salah satunya bahan alami ini dinilai mampu menjadi kesehatan jantung hingga meredakan gejala PMS.

Biji rami merupakan gudang protein, vitamin E, mineral, dan lemak sehat. Dari kesehatan jantung, kesehatan pencernaan hingga masalah kulit, biji kecil ini punya beragam khasiat. Biji ini sangat berguna untuk kesehatan khususnya bagi para wanita karena membantu keseimbangan hormon dan meredakan gejala PMS.

Namun, tidak hanya itu. Seorang ahli gizi Lovneet Batra berbagi lebih dalam tentang manfaat biji rami seperti melansir Hindustan Times, Senin (3/7/2023).

1. Menjadi kesehatan kulit dan PMS

Biji rami adalah salah satu dari sedikit sumber asam gamma-linolenat (GLA) nabati, asam lemak omega-6 dengan sifat anti-inflamasi. GLA dikenal untuk mendukung kesehatan kulit, keseimbangan hormon, dan dapat meringankan gejala yang terkait dengan kondisi seperti eksim dan sindrom pramenstruasi (PMS).

2. Meningkatkan kekebalan

Selanjutnya biji rami dianggap mampu menjaga sistem kekebalan. Biji rami membantu mengurangi tingkat peradangan secara alami dan memperkuat sistem kekebalan tubuh karena profil asam lemak yang sempurna dari lemak omega-3 dan asam Gamma-linolenat (GLA).

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Selain itu, biji rami juga mengandung enzim pencernaan, seperti amilase dan lipase, yang dapat membantu pemecahan dan pencernaan karbohidrat dan lemak. Enzim ini dapat membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi secara keseluruhan.

4. Membantu penurunan berat badan

Konsumsi biji rami berfungsi sebagai penekan nafsu makan alami. Jadi, menambahkan biji-bijian ini, dan makanan berserat tinggi lainnya, ke dalam makanan sehari-hari akan membantu mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

5. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Terakhir, biji rami menjadi sumber yang kaya vitamin E, antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Vitamin E mendukung fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya