Nissan Evalia Jadi Taksi di New York

Nissan NV200 akan memberikan solusi yang optimal dalam keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang serta pengemudi.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 12 Jun 2014, 15:06 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2014, 15:06 WIB
Nissan Evalia Dipakai Jadi Taksi Di New York
Nissan NV200 akan memberikan solusi yang optimal dalam keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang serta pengemudi.

Liputan6.com, New York - Nissan NV200 atau di Indonesia dikenal dengan Nissan Evalia merupakan sebuah kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memiliki ruang penumpang yang lapang dan menawarkan kenyamanan dalam berkendara. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki tersebut, tak heran kalau Evalia dipilih sebagai kendaraan untuk peremajaan taksi di New York.

Melansir laman Autoblog, Kamis (12/5/2014), sesuai dengan keputusan pengadilan New York bahwa pihak pengadilan mengabulkan banding dari dewan kota yang meminta kendaraan pengganti untuk armada taksi saat ini adalah Nissan NV 200. Keputusan tersebut membatalkan hasil putusan sebelumnya yang meminta dewan kota untuk tidak memaksa para sopir taksi untuk membeli kendaraan yang sama.

Menurut David B. Saxe yang merupakan Hakim di pengadilan New York mengatakan kalau program Taxi of Tomorrow adalah jawaban dari sebuah lembaga hukum milik negara untuk menghadirkan armada taksi di abad 21 yang menawarkan sebuah konsistentensi pelayanan. Namun, dalam hal ini pihak asosiasi taksi di New York merasa dirugikan karena dipaksa untuk membeli suatu produk yang mereka tidak setujui, oleh karena itu pihak perwakilan asosiasi akan mencoba melakukan banding.

Nissan memenangkan kontrak bernilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 11,81 triliun (estimasi Kurs Rp 11.810 per dolar AS) selama 10 tahun mengalahkan Ford dan sebuah perusahaan asal Turki untuk pengadaan taksi di kota New York. Di bawah program Taxi of Tomorrow, para pengemudi taksi di New York harus beralih menggunakan NV200 dalam tiga sampai lima tahun ke depan.

Pihak Nissan sendiri merasa senang dan optimis mengenai putusan dari pengadilan New York yang memenangkan program Taxi of Tomorrow karena Nissan NV200 akan memberikan solusi yang optimal dalam keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang serta pengemudi.

Di New York sendiri sat ini ada sekitar 16 merek yang digunakan sebagai taksi. Sebelumnya pada tahun 2013 lalu para pengemudi taksi menentang program tersebut karena tidak menggunakan teknologi hybrid yang hemat bahan bakar. Biasanya para pengemudi taksi akan menyetujui program penyeragaman merek taksi di kota tersebut, namun kali ini ternyata mereka malah menentang putusan dari dewan kota.

Pihak Nissan melego NV200 kepada para pengemudi taksi dengan harga mulai dari US$ 29.700 atau sekitar Rp 351 jutaan. (Ysp/Gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya