Adu Spesifikasi Gesits dan Viar Q1, Mana Lebih keren?

Berbicara Gesits, meskipun belum resmi diluncurkan, namun brosur spesifikasi motor tanpa bensin yang harganya kemungkinan besar bakal dibanderol Rp 16 jutaan ini sudah beredar di dunia maya.

oleh Arief Aszhari diperbarui 01 Agu 2018, 07:05 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2018, 07:05 WIB
GESITS
GESITS

Liputan6.com, Jakarta - Pasar motor listrik di Tanah Air memang sudah dihuni terlebih dahulu oleh Viar Q1. Menyusul, motor listrik karya anak bangsa, Gesits, juga bakal mengaspal di Indonesia bulan depan, dan bakal diproduksi tidak lama setelah peluncuran.

Berbicara Gesits, meskipun belum resmi diluncurkan, namun brosur spesifikasi motor tanpa bensin yang harganya kemungkinan besar bakal dibanderol Rp 16 jutaan ini sudah beredar di dunia maya. Lalu, jika dibandingkan antara Gesits dan Viar, mana yang lebih keren?

Untuk Viar Q1 mengadopsi baterai jenis lithium ion maintenance free dengan spesifikasi 60v20AH. Baterai ini, memiliki estimasi umur 600-800 siklus pengisian, dengan kapasitas maksimumnya sebesar 2 kWh dan klaim waktu pengisian penuh 5 sampai 7 jam.

Komponen charger-nya sendiri, memiliki spesifikasi 220 volt dengan frekuensi 50 Hz.

Sementara itu, Gesits bakal menggunakan battery pack lithium ion 3.000 Wh dengan pengisian baterai tiga sampai empat jam. Untuk sistem manajemen baterai juga sudah didesain untuk lithium ion, dengan penyeimbang arus listrik.

Desain sasis yang stabil, dengan konsep anti air untuk keamanan. Selain itu, motor listrik Gesits juga menggunakan swing arm dan mono shock untuk belakang, dan depan menggunakan telescopic. Monitoring system menggunakan prosesor 1 Ghz, CAN Bus Communication, real time operating system.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Selanjutnya

Viar Q1
Motor listrik Viar Q1. (Weente/oto.com)

Viar Q1 dengan menggunakan baterai dari Bosch dapat melaju hingga kecepatan 60 km/jam, serta dengan jarak terjauh 60 km. Baterai lithium ion dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu lima sampai tujuh jam.

Menariknya, isi ulang motor dapat dilakukan di rumah. Pasalnya, kapasitas listrik minimal untuk dapat mengisi baterai motor ini hanya 220 VA. Sebagai pengingat, listrik terkecil rumah tangga Indonesia adalah 450 VA.

Sedangkan untuk Gesits, masih belum diketahui pasti, dengan kapasitas baterai tersebut bakal mampu menembus jarak tempuh. Hanya saja, dengan spesifikasi tersebut, Gesits memiliki daya sebesar 5 kW pada 3.000 rpm dan torsi 15 Nm.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya