SUV Listrik Suzuki Siap Gemparkan India Auto Expo 2023

Seiring dengan tren elektrifikasi yang semakin masif, Maruti Suzuki, telah memiliki rencana untuk mengambil peran dalam peta persaingan di segmen tersebut.

oleh Fahmi Rizki diperbarui 29 Des 2022, 15:12 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 15:12 WIB
Suzuki Karimun listrik gagal diproduksi, ini yang jadi penyebab utamanya (Team-bhp)
Suzuki Karimun listrik gagal diproduksi, ini yang jadi penyebab utamanya (Team-bhp)

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan tren elektrifikasi yang semakin masif, Maruti Suzuki, telah memiliki rencana untuk mengambil peran dalam peta persaingan di segmen tersebut.

Dilansir dari Carscoops, Maruti Suzuki, telah mengumumkan rencana untuk memperkenalkan model baru mereka yang mengusung elektrifikasi. Kabarnya, akan ada dua SUV listrik baru berbentuk konsep yang akan mereka tampilkan pada Auto Expo India 2023.

Meski sejauh ini pabrikan masih menutupi terkait spesifikasinya, namun CEO Maruti Suzuki yakni Hisahi Takeuchi, mengungkapkan lewat pameran otomotif ini akan menjadi salah satu arena yang tepat bagi pihaknya untuk memperkenalkan dua model anyar tersebut.

"Auto Expo 2023 adalah kesempatan lain bagi kami untuk menunjukkan komitmen kami terhadap masa depan mobilitas melalui rangkaian produk kami yang berkelanjutan dan didorong oleh teknologi," jelas Hisashi Takeuchi.

Tidak hanya sebatas untuk tempat memperkenalkan mobil konsep, namun lewat Auto Expo 2023 tersebut, Maruti Suzuki juga ingin memberikan gambaran terkait visi dan misi perusahaan mereka untuk masa depan.

"Lebih bersih, lebih hijau, berkelanjutan, dan karbon netral. Futuristik dan menangkap imajinasi dari para penggemar," tambahnya.

Selain menampilkan dua mobil konsepnya, dalam pameran tersebut Maruti Suzuki juga akan menampilkan sebanyak 16 kendaraan yang siap memikat para pengunjung.

Beberapa di antaranya, disebutkan antara lain WagonR, Brezza, Baleno, Ciaz, Ertiga, Grand Vitara dan Swift.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suzuki Jimny Versi EV Disiapkan Buat Tangkal Isu Emisi

Meski kabar mengenai Suzuki Jimny versi lima pintu kian santer terdengar, namun hal tersebut bukan lagi sebuah kejutan baru.

Kini, isu terbarunya adalah pabrikan otomotif dengan logo 'S' ini akan menghadirkan Jimny bertenaga listrik.

Menurut Managing Director Suzuki Australia, Michael Pachota, hal ini lantaran ada beberapa regulasi yang menjadi kendala mereka untuk merilis model ikonik ini di beberapa negara.

"Suzuki akan menawarkan versi hybrid dari setiap modelnya secara lokal pada tahun 2025," jelasnya seperti dilansir Carsales Australia.

Di samping itu, masih dari laman tersebut, Suzuki akan memperkenalkan Jimny versi listrik ini pada tahun 2030 mendatang.

Meski desas-desus tersebut sudah tercium oleh awak media, namun belum ada informasi terkait penggunaan powertrain yang akan mereka sematkan di ruang mesin.

Meski yang ia garisbawahi adalah versi listrik, namun secara umum versi hybrid juga bakal mereka perkenalkan ke beberapa negara.

"Tapi kita harus memperkenalkan (Jimny hybrid) di suatu tempat di seluruh jangkauan," tambah Michael Pachota.

Dari informasi yang dilansir tersebut, menjelaskan bahwa Suzuki Jimny versi listrik ini akan memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan versi saat ini.

Meski demikian, untuk urusan torsi yang dihasilkan akan lebih instan dibandingkan versi bensin.

"Saya tidak bisa memastikannya. Kami tidak memiliki apa pun dari pabrik terkait konfirmasi Jimny dengan platform EV. Tapi tidak salah berasumsi berdasarkan arah dan kecepatan yang kita tuju," tandas Michael Pachota.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya