Kurangi Ketergantungan di Cina, BYD Siap Bangun Pabrik Suku Cadang Baru

YD Auto Co berencana untuk membangun pabrik di Vietnam untuk produksi suku cadang mobil

oleh Arief Aszhari diperbarui 13 Jan 2023, 20:03 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2023, 20:03 WIB
BYD akan hadirkan penantang untuk Mercedes G-Class dan Hummer (Gasgoo Autonews)
BYD akan hadirkan penantang untuk Mercedes G-Class dan Hummer (Gasgoo Autonews)

Liputan6.com, Jakarta - BYD Auto Co berencana untuk membangun pabrik di Vietnam untuk produksi suku cadang mobil. Demikian disampaikan oleh tiga orang yang mengetahui rencana tersebut, kepada Reuters, Jumat (13/1/2023).

Langkah tersebut, dilakukan oleh pabrikan asal Cina tersebut untuk mengurangi ketergantungan di negara sendiri. Selain itu, pembangunan fasilitas pembuatan suku cadang ini juga untuk memperdalam rantai pasokannya di Asia Tenggara.

Investasi yang akan dilakukan oleh BYD di Vietnam Utara ini, akan melebihi US$250 juta. Dana tersebut, sekaligus untuk memperluas kehadiran induk BYD di Vietnam, di mana unit elektroniknya sudah memproduksi panel surya.

Sementara itu, langkah untuk investasi di Vietnam ini, juga menggarisbawahi tren oleh produsen untuk mengurai paparan ke Cina.

Hal tersebut, di tengah ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat dan juga gangguan produksi yang disebabkan oleh lockdown akibat Covid-19 di Beijing.

Terkait rencana pendirian pabrik ini, BYD sendiri masih menolak untuk berkomentar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


SUV Listrik Mewah BYD YangWang U8 Resmi Diperkenalkan, Harga Mencapai Rp3,4 Miliar

Beberapa waktu lalu, BYD telah resmi memperkenalkan merek mobil listrik mewahnya, YangWang. Bersamaan dengan itu, pabrikan asal Cina ini juga memperkenalkan dua model ramah lingkungan premium, dan salah satunya adalah U8.

Disitat dari Carnewschina, BYD YangWang U8 merupakan SUV mewah yang sepenuhnya ditenagai oleh baterai. Selain memperkenalkan monster off-road ini, jenama Negeri Tirai Bambu tersebut juga meluncurkan teknologi berkendara yang dikenal sebagai Yisifang, atau e platform, yang akan digunakan untuk pertama kali di mobil ini.

Teknologi Yusing, adalah motor sisi roda baru yang menggerakan kendaraan melalui empat motor independen, tanpa bergantung dengan roda kemudi untuk berbelok. Hal ini, memungkinkan mobil mencapai kemudi 360 derajat di satu tempat.

Teknologi motor independen roda empat Yisifang dapat mengontrol pergerakan kendaraan, melalui pengaturan torsi roda secara real time untuk membantu pengemudi jika roda kemudi rusak atau ban meledak.

Teknologi ini 100 persen dikembangkan sendiri dan cocok untuk platform listrik dan hybrid murni, yang mencakup off-road, supercar, dan model lainnya. BYD YangWang U8 ini juga dilengkapi dengan motor tahan air bersertifikasi IP68.

Infografis Sejarah Lato-Lato dan Larangan di Beberapa Negara. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sejarah Lato-Lato dan Larangan di Beberapa Negara. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya