Program Subsidi Tepat Pengguna Solar di Lampung Berlaku Mulai 21 Maret 2023

Pemerintah terus menjalankan program Subsidi Tepat agar BBM bersubsidi tersebut dalam tersalurkan dengan baik kepada mereka yang berhak menerimanya.

oleh Fahmi Rizki diperbarui 14 Mar 2023, 18:31 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2023, 18:31 WIB
Beli Pertalite dan Solar Harus Daftar di MyPertamina Mulai 1 Juli 2022
Mulai 1 Juli 2022, masyarakat dari 11 daerah ini yang ingin membeli BBM bersubsidi Pertalite dan Solar wajib daftar My Pertamina. (Unsplash/aldrin rachman pradana).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus menjalankan program Subsidi Tepat agar BBM bersubsidi tersebut dalam tersalurkan dengan baik kepada mereka yang berhak menerimanya.

Setelah berlangsung secara bertahap, kini program Subsidi Tepat di Lampung akan dilakukan pada 21 Maret 2023 mendatang. Dengan begitu, untuk melakukan pembelian solar bersubsidi harus menggunakan QR Code untuk mendata kendaraan mana saja yang dapat dan berhak menggunakan BBM tersebut.

Dalam keterangan resminya, Tjahyo Nikho, Area Manager Communication, Relation and CSR Sumbagsel, menjelaskan dengan penggunaan QR Code untuk pembelian BBM bersubsidi agar penyaluran tersebut menjadi tepat sasaran.

"Program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan BBM bersubsidi jenis Solar. Melalui pendataan, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan. Sehingga BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang memang berhak," jelas Nikho.

Pelaksanaan uji coba full cycle subsidi tepat di wilayah Lampung akan dilakukan pada 21 Maret 2023, selain mempersiapkan sarana dan prasarana dalam mendukung program Subsidi Tepat ini, sosialisasi program ini juga terus kami lakukan, baik melalui Pemerintah Provinsi, DPRD Provinsi serta masyarakat Lampung.

"Saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus berlangsung, kami mengimbau kepada masyarakat untuk dapat segera mendaftarkan kendaraannya melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Kami juga menyiagakan petugas di SPBU agar bisa membantu masyarakat," lanjut Nikho.


Daihatsu Cetak Penjualan 39 Ribu Unit Hingga Februari 2023, Sigra Tetap Andalan

Sepanjang Januari hingga Februari 2023, penjualan mobil secara nasional mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Retail sales atau penjualan dari dealer ke konsumen secara total mencapai sekitar 174 ribu unit atau naik 17,7 persen, dibandingkan periode yang sama 2022 sebanyak 148 ribu unit.

Pada periode yang sama, penjualan Daihatsu mencapai lebih dari 39 ribu unit, atau naik sekitar 27,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 30 ribu unit.

Dari capaian tersebut, Daihatsu berkontribusi terhadap market share otomotif nasional sebesar 22,3 persen.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu pada hingga Februari 2023 didominasi oleh 3 model, yaitu Sigra sebanyak 10.804 unit, atau berkontribusi sekitar 27,7 persen.

Kemudian, model lain disusul oleh Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 9.371 unit atau 24 persen, dan Xenia 5.052 unit sebanyak 12,9 persen.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) pihaknya bersyukur, jelang akhir kuartal I Daihatsu dapat membuka awal 2023 dengan raihan penjualan yang baik, ditambah capaian market share sebesar 22,3 persen.

"Semoga pasar otomotif tahun ini dapat terus meningkat, ditambah kehadiran kami di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 juga dapat berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia,” ujar Hendrayadi Lastiyoso.


Infografis Adu Kekuatan Tempur Pakistan Vs India

Infografis Adu Kekuatan Tempur Pakistan Vs India
Infografis Adu Kekuatan Tempur Pakistan Vs India. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya