Sekjen PAN: Partai Lain Merapat ke Cikeas, PKS-Gerindra Tak Tahu

Petinggi partai yang terlihat antara lain Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 22 Sep 2016, 13:37 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2016, 13:37 WIB
20160922-Koalisi Kekeluargaan Gelar Rapat Konsolidasi Cari Lawan Ahok-Bogor
Ketum PAN Zulkifli Hasan memberi keterangan usai rapat konsolidasi di kediaman Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Kamis (22/9). Rapat dilakukan untuk mencari calon pasangan penantang bagi Ahok-Djarot. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Cikeas - Partai Demokrat kembali mengumpulkan empat partai politik (parpol) yang belum mengusung calon di Pilkada DKI Jakarta 2017. Keempat partai itu adalah Demokrat, PAN, PPP, dan PKB.

Pantauan Liputan6.com, hingga saat ini baru terlihat perwakilan PAN yang hadir. Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut hari ini akan ada pengumuman.

"Nanti kita umumkan deh, nanti hari ini insya Allah. Tempatnya (deklarasi dukungan) di mana kita urun rembuk dulu," kata Eddy di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016).

Ia memastikan, ketua-ketua umum partai lain akan merapat ke Puri Cikeas. Sedangkan mengenai apakah Partai Gerindra dan PKS juga akan hadir, Eddy mengaku tidak tahu.

"Saya enggak tahu, nanti saya tanyakan dulu (ke Gerindra dan PKS)," ucap Eddy.

Senada dengan Eddy, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menyebut nama-nama yang akan diusung oleh Demokrat, PPP, PAN, DAN PKB sudah mengerucut hasil dari pertemuan Rabu malam 21 September 2016.

Mengenai apakah akan berkoalisi juga dengan Gerindra dan PKS, ia menyebut ada syarat yang diajukan oleh partai pimpinan Prabowo Subianto itu. Mengingat, Gerindra telah mengusung Sandiaga Uno untuk maju menjadi DKI 1.

"Kami buka komunikasi (dengan Gerindra dan PKS). Masih ada perbedaan (terkait calon gubernur), kami ingin Gerindra lebih sangat terbuka," papar Syarief.

"Gerindra terbuka tapi ada syarat-syarat tertentu. Dia (Gerindra) ingin Sandiaga Uno tetap nomor satu, dia bilang calon (hasil koalisi semalam) boleh nomor satu, tapi harus lebih dari Sandiaga (elektabilitas)," imbuh Syarief.

Terkait pengumuman akan mengusung siapa dalam Pilkada DKI 2017 ini, Syarief menyebut dilakukan hari ini dan dilakukan oleh DPD partai.

Petinggi partai yang terlihat hingga saat ini adalah Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan, Sekjen DPP Demokrat Hinca Pandjaitan, Ketua DPD Demokrat Nachrowi Ramli, dan Wasekjen Demokrat Didi Irawadi. Lalu ada pula Sekjen PAN Eddy Soeparno dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya