Resmi, Prabowo-Gibran Terdaftar Jadi Capres-Cawapres di Pilpres 2024

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah sah mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 25 Okt 2023, 12:35 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2023, 12:34 WIB
Deklarasi Prabowo - Gibran
Dalam pidatonya, Prabowo memuji Gibran dan meyakinkan bahwa pilihannya terhadap Gibran sebagai calon wakil presiden tidak salah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah sah mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024.

Hal itu ditandai dengan hadirnya mereka di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023.

"Baru saja kami datang menyerahkan berkas sebagai langkah untuk kami maju jadi calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia untuk pemilihan umum yang akan datang dan untuk masa bakti 2024-2029," kata Prabowo di Kantor KPU RI Jakarta.

Prabowo pun berterima kasih karena KPU sudah dapat menjadi penyelenggara pemilu yang sangat membantu proses demi proses pendaftaran sampai ke hari pendaftaran ini.

"Setelah ini kami akan ikuti semua proses dan kami siap untuk maju di hadapan rakyat Indonesia dengan membawa program kita, membawa visi kita, membawa strategi kita untuk melanjutkan pembangunan dan mengantar Indonesia sampai menjadi negara yang maju dan makmur," kata Prabowo.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan sebagaimana jadawal pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden adalah tanggal 19 hingga 25 Oktober 2023, sehingga hari ini adalah hari terakhir pendaftaran bakal capres-cawapres.

Syarat pencalonan Prabowo dan Gibran sendiri, kata Hasyim, sudah dinyatakan lengkap, sehingga pasangan bacapres-bacawapres dari Koalisi Indonesia Maju itu bisa maju ke tahap berikutnya.

"Berdasarkan informasi dari tim Kesekjenan KPU, syarat calon dan pencalonan dinyatakan lengkap. Selanjutnya bakal pasangan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Untuk bakal calon Pak Prabowo dan Mas Gibran akan dilakukan pemeriksaan besok hari Jumat tanggal 26 Oktober jam 7 pagi di RSPAD Gatot Soebroto," kata Hasyim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prabowo-Gibran Didoakan Habib Luthfi

Deklarasi Prabowo - Gibran
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) bersama bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Deklarasi Prabowo Gibran di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Koalisi Indonesia Maju (KIM) deklarasi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024-2029 dengan tema "Menjemput Kemenangan Indonesia Maju". (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelum mendaftarkan diri ke KPU, Prabowo-Gibran didoakan oleh Dr. (H.C.) H. Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang secara terang dan jelas memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu.

Menurut dia, Prabowo tidak salah pilih mencawapreskan putra sulung Presiden Jokowi sebagai wakilnya.

"Saya ucapkan terima kasih, tepat pilihan Pak Prabowo mengangkat Mas Gibran sebagai wakil presiden," kata pria yang karib disapa Habib Luthfi tersebut di GBK Arena Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Habib Luthfi kemudian bercerita, dirinya sempat ditanya bagaimana ketika wakil presidennya adalah sesosok anak muda. Dengan tegas Habib Luthfi pun menjawab tidak ada keraguan soal itu sebab Indonesia memiliki Gibran Rakabuming Raka.

"Bib, bagaimana sih wakil presidennya masih muda? Saya jawab, gampang memberikan kesempatan generasi muda untuk maju ke depan, kita punya Mas Gibran," tegas Habib Luthfi.

Habib Luthfi meyakini, dengan cara tersebutlah Indonesia bisa semakin maju ke depan meraih cita-citanya menjadi generasi emas 2045.

"Itu cara mengangkat kaum muda kedepan sehingga menjadi Indonesia emas, terima kasih. Mari kita berdoa bersama," doa Habib Luthfi.

Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya