Gibran Santai Hadapi Debat Perdana Capres-Cawapres 2024: Siap Saja Saya

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka mengaku santai menghadapi debat perdana Pilpres 2024. Tema debat yaitu terkait hukum, HAM, sampai demokrasi tidak membuatnya takut.

oleh Tim News diperbarui 11 Des 2023, 05:50 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 05:50 WIB
Gibran Kampanye di Karawang
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri kampanye di GOR Panatayudha, Karawang Timur, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). Dia mengajak para pendukungnya untuk tidak perlu menanggapi fitnah yang ditujukan kepada Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka mengaku santai menghadapi debat perdana Pilpres 2024. Tema debat yaitu terkait hukum, HAM, sampai demokrasi tidak membuatnya takut.

"Gak juga, ya," kata Gibran ditemui usai Waktunya Indonesia Maju di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).

Wali kota Solo ini tidak mengungkap apa saja persiapan debat lusa. Gibran mengaku siap saja menghadapi debat.

"Ya, siap aja sih saya, makasih ya," katanya singkat.

Gibran pun enggan komentar lebih jauh mengenai debat perdana. Termasuk terkait para panelisnya nanti.

"Panelisnya saya enggak tau siapa," kata putra Presiden Joko Widodo ini.

Sementara itu, Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto juga mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang debat perdana Pilpres 2024. Prabowo hanya membaca, berolahraga renang, sampai minum jamu.

"Pak Prabowo persiapannya enggak ada yang khusus beliau persiapannya ya seperti biasa membaca mendengar kemudian tetap berolahraga berenang, minum jamu," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung Juang, Menteng, Jakarta, Minggu (10/12/2023).


Tak Siapkan Pakar Khusus

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Prabowo-Gibran didaftarkan oleh tujuh partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) atau hari terakhir pendaftaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Kampanye Nasional (TKN) tidak menyiapkan pakar khusus untuk membantu persiapan debat Prabowo-Gibran. Karena temanya bukan jadi masalah bagi Prabowo dan Gibran.

"Saya cek tadi kemarin tidak ada masalah karena masalah-masalah misalnya dalam debat pertama temanya kan Soal pemerintahan, hukum hak asasi manusia dan demokrasi, kalau enggak salah itu ya, itu kan saya kira sesuatu yang sudah dipahami secara umum secara jamah, oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran," ujar Muzani.

Sebelumnya, Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menjawab sindiran publik terhadap dirinya terkait pemilu presiden (Pemilu) 2024. Publik menuding, Gibran dan pasangannya Prabowo Subianto adalah pasangan yang tidak punya gagasan dan hanya mengandalkan joget. 

Menjawab hal itu, Gibran kembali bertanya kepada publik yang mempersoalkan. Menurut dia, tidak ada yang salah dari berjoget dan mencoba lebih gembira dengan jogetan.

"Apa yang salah dengan joget? Apa yang salah dengan gembira? Saya tanya boleh tidak masyarakat gembira?" jawab Gibran saat menghadiri acara Waktu Indonesia Maju di di Sentul International Convention Centre (SICC), Minggu (10/12/2023). 

"Boleh,” jawab pendukung dan simpatisannya sambil berseru. 


Ingatkan Tantangan Kedepan

Gibran lantas bertanya lagi apa tidak boleh masyarakat makin sejahtera dan makin bahagia bila caranya adalah dengan berjoget. Pertanyaan itu dijawab lagi dengan jawaban senada oleh para pendukungnya. 

Meski senang berjoget, Gibran mengingatkan tantangan kedepan memang tidak bisa dihadapi dengan cara sederhana. Masalah yang lebih kompleks harus dijalani dengan tindakan yang lebih serius terutama untuk anak-anak muda 

"Ke depan tantangan makin tidak mudah tapi kesempatan makin terbuka terutama untuk anak muda, makanya kedepan kita fokus ke hilirisasi digital, ini untuk menjawab tantangan jaman," minta Gibran. 

Gibran memastikan, jika terpilih sebagai pemimpin Indonesia maka dirinya akan menyiapkan anak-anak SMK yang ahli artificial intelligence (AI), dirinya juga akan menyiapkan mereka yang jago mengolah big data analytic, block chain, crypto dan hingga bioteknologi. 

“Kita juga ingin santri yang pintar perbankan syariah, santri yang ahli digital marketing, kita siapkan future talent dengan future skills," Gibran menandasi.  

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya