KPU Siapkan Podium untuk Debat Cawapres di JCC pada Jumat 22 Desember 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyiapkan podium dalam debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat 22 Desember 2023.

oleh Devira PrastiwiFachrur Rozie diperbarui 18 Des 2023, 20:12 WIB
Diterbitkan 18 Des 2023, 20:12 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy'ari Pastikan Kesiapan Debat Pertama Capres/Cawapres Pemilu 2024
KPU akan menggelar debat perdana Capres/Cawapres Pemilu 2024 pada Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyiapkan podium dalam debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat 22 Desember 2023.

Menurut Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, adanya podium ini berdasarkan evaluasi dari debat calon presiden (capres) Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Jadi mulai debat kedua (Jumat, 22 Desember 2023) sampai terakhir, masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana, begitu untuk cawapres maupun capres, nanti yang selanjutnya kampanye melalui metode debat ini. Kalau kemarin kan sama sekali tidak ada podium kan, nanti akan pakai podium," ujar Hasyim di Gedung KPU RI, Senin (18/12/2023).

Sementara untuk durasi debat cawapres, dia menyebut tak jauh berbeda dengan debat capres yang diselenggarakan di KPU pada Selasa 12 Desember 2023 lalu. Hasyim menyebut, durasi yakni 150 menit. Sedangkan untuk durasi khusus debatnya sepanjang 120 menit.

"Dan kemudian durasi waktu debat juga masih sama persis, 150 menit. Dan dengan durasi khusus untuk debatnya 120 menit dengan 6 segmen. Jadi durasinya sama persis, seperti misalkan ketika diajukan pertanyaan oleh panelis, maka calon wakil presiden yang akan menjawab diberikan kesempatan untuk menjawab sekitar 2 menit," kata Hasyim.

Terkait dengan tanya jawab dari masing-masing pasangan calon, Hasyim menyebut formatnya tak jauh berbeda dengan debat capres. Cawapres akan diberikan kesempatan satu menit untuk melontarkan pertanyaan, sementara cawapres yang ditanya diberikan waktu dua menit untuk menjawab.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Jawab Cawapres

Ketua KPU Hasyim Asy'ari Pastikan Kesiapan Debat Pertama Capres/Cawapres Pemilu 2024
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (ketiga kiri) mengecek kesiapan tema debat Capres/Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nantinya, kata Hasyim, cawapres yang bertanya akan diberikan waktu dua menit untuk merespons jawaban dari cawapres lain.

"Nanti masing-masing calon wakil presiden diberikan kesempatan untuk menjawab dua menit. Dan kemudian masing-masing calon wakil presiden yang tidak diajukan pertanyaan, akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing calon wakil presiden sebagai bentuk pendalaman masing-masing 1 menit," ucap dia.

"Dan kemudian calon wakil presiden yang diajukan pertanyaan tadi, kesempatannya adalah menjawab respon atau pertanyaan dari masing-masing calon wakil presiden kesempatannya dua menit. Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima," Hasyim menandaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat rencananya akan diselenggarakan mulai pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari membeberkan format debat cawapres mendatang. Menurut Hasyim, format debat cawapres tak jauh berbeda dengan format debat calon presiden (capres) di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

"Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC di jakarta, dan sebagaimana yang sudah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres, nanti format debatnya persis seperti itu, jadi ada 6 segmen," ujar Hasyim di kantor KPU RI, Senin (18/12/2023).

 


Ada 6 Segmen

Ketua KPU Hasyim Asy'ari Pastikan Kesiapan Debat Pertama Capres/Cawapres Pemilu 2024
Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga diangkat menjadi tema debat pertama para kandidat Capres/Cawapres Pemilu 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Hasyim menyebut, segmen pertama yakni penyampaian visi misi dan program kerja dari Muhaimin Iskandar, Gibrang Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan yang sudah disusuh oleh para panelis.

"Kemudian segmen kedua dan segmen ketiga nanti akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis, dan yamg akan menyampaikan atau mengajukan pertanyaan yaitu moderator," kata Hasyim.

Untuk segmen keempat dan kelima masing-masing cawapres akan mengajukan pertanyaan yang diajukan cawapres lain.

"Dan juga masing-masing calon wakil presiden diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing calon wakil presiden. Persis seperti kita melaksanakan debat calon presiden yang pertama," ucap Hasyim.

"Kemudian segmen terakhir, segmen keenam nanti clossing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing calon wakil presiden tentang topik yang dijadikan bahan untuk debat calon wakil presiden," kata Hasyim.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya