PAN Buka Peluang Usung Anies di Pilkada Jakarta: Syaratnya Zita Anjani Jadi Wakilnya

Yandri menyebut, PAN mengajukan satu syarat yakni Anies harus menjadikan Ketua DPP PAN Zita Anjani sebagai wakilnya di Jakarta.

oleh Tim News diperbarui 26 Jul 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 15:00 WIB
Wakil Ketua Umum (Waktum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto
Wakil Ketua Umum (Waktum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto. (Merdeka.com/Alma Fikhasari)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum (Waktum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengaku, partainya membuka peluang bergabung dengan koalisi Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024.

"PAN tidak menutup kemungkinan juga bisa bergabung juga dengan Anies," kata Yandri, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Namun, Yandri menyebut, PAN mengajukan satu syarat yakni Anies harus menjadikan Ketua DPP PAN Zita Anjani sebagai wakilnya di Jakarta.

"Tapi dengan syarat, syaratnya wakilnya dari PAN Zita Anjani," ujar dia.

Dia menyampaikan, jika Anies bersedia berpasangan dengan Zita Anjani di Pilgub Jakarta, maka PAN akan langsung mengeluarkan surat keputusan (SK).

"Jadi kalau misalkan Anies ngambil Zita, langsung besok SK-nya langsung keluar. Langsung deklarasi kita PAN terdepan untuk memenangkan," ucap Yandri.

Kendati demikian, jika Anies tak sepakat dengan syarat tersebut, PAN akan memunculkan nama lain di antaranya Jusuf Hamka atau Babah Alun hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Kalau itu tidak ada titik temu, ya berarti kemungkinan PAN akan memunculkan calon alternatif, ya bisa Jusuf Hamka, bisa Ahok, bisa nama lain," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons PAN soal Wacana Duet Kaesang-Jusuf Hamka

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional atau Sekjen PAN Eddy Soeparno.
Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional atau Sekjen PAN Eddy Soeparno. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional atau Sekjen PAN Eddy Soeparno menanggapi wacana Partai Golkar terkait duet Kaesang Pangarep-Jusuf Hamka untuk Pemilihan Kepala Daerah Jakarta (Pilkada Jakarta 2024).

Eddy justru mengusulkan duet Kaesang-Zita Anjani yang lebih menarik untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya kira itu kan usulan usulan yang timbul. Nah kami pun ketika usulan itu keluar, kami juga sampaikan, kalau Kaesang dengan Zita Anjani kan menarik juga," ujar Eddy di DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (14/7/2024).

Menurutnya, di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini masih mengusulkan nama-nama potensial untuk Pilkada Jakarta dan Jawa Barat (Jabar). Nantinya, kata Eddy, para ketua umum yang memutuskan.

"Jadi saya kira semua orang, semua teman teman di KIM itu sekarang mengusulkan nama namanya ya itu tadi menjadi pertimbangan di antara para ketua umum untuk menentukan siapa yang di Jakarta dan di Jawa Barat," tegas Eddy.


Kata Ketum PAN

Terpisah, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) merespons terkait wacana duet Kaesang Pangarep-Jusuf Hamka untuk Pilkada Jakarta 2024.

Zulhas justru mengatakan, sejauh ini partainya masih membicarakan sosok Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta.

"Tapi kami sendiri di Jakarta waktu itu baru pernah berbicara kemungkinan Ridwan Kamil di Jakarta," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Minggu (14/7/2024).

Meski begitu, Zulhas menilai seperti Ridwan Kamil fokus untuk di Pilgub Jawa Barat. Menteri Perdagangan itu pun masih melihat dinamika kedepan.

"Tapi sekarang nampaknya RK sudah fokus di jabar. Nanti kita lihat lah perkembangannya seperti apa," imbuh dia.

Zulhas menambahkan, PAN tetap menjagokan Zita Anjani untuk Pilkada Jakarta. Dia menyebut, pembicaraan lebih lanjut akan dibahas di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ya kalau PAN kan biar saja, kalau PAN kan jelas tuh ada Zita Anjani, jadi nanti akan dibicarakan seperti apa koalisinya, nama-nama yang muncul, ada yang baru, ada yang lama dan seterusnya," jelas Zulhas.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Satgas Nusantara Amankan Pilkada hingga Pilpres. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya