Pilgub Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono Akan Daftar ke KPU 28 Agustus 2024

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono baru saja mendapatkan dokumen dukungan resmi B1 KWK dari DPP PSI untuk maju Pilgub Jakarta 2024. Rencananya RK-Suswono akan mendaftar ke KPU sebagai pasangan bakal Cagub-Cawagub Jakarta pada 28 Agustus 2024 mendatang.

oleh Winda Nelfira diperbarui 25 Agu 2024, 15:25 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 15:25 WIB
deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono
Ridwan Kamil - Suswono melakukan salam komando saat acara deklarasi bakal calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Ridwan Kamil (RK) dan Suswono berencana melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 28 Agustus 2024 mendatang. Hal itu disampaikan RK usai menerima dokumen B1 KWK dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Kalau tidak ada halangan kami sendiri per hari ini sementara akan mendaftar ke kantor KPU tanggal 28 dan tentunya kami siap," kata Ridwan Kamil di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2024).

RK mengaku senang dengan dukungan yang diberikan PSI. Menurut RK, penyerahan B1 KWK menjadi hal penting sebelum menuju kontestasi politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

"Kami sudah menyimak sepak terjang dan mindset semangat dari anggota DPRD dari PSI selama ini, sehingga harapannya dengan kita berkoalisi hal-hal yang kurang di masa lalu kita sempurnakan kemudian kita fokus," ujar RK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Dapat B1 KWK dari PSI

Ridwan Kamil-Suswono Terima B1 KWK dari PSI, Siap Daftar Pilgub Jakarta 28 Agustus 2024
Pasangan bakal cagub-cawagub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono menerima dokumen B1 KWK dari PSI. RK-Suswono pun siap mendaftar ke KPU pada 28 Agustus 2024 mendatang. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sebelumnya diberitakan, DPP PSI menyerahkan dokumen B1 KWK kepada pasangan Ridwan Kamil-Suswono untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. Dokumen dukungan resmi tersebut diserahkan oleh Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

Raja Juli mengaku diperintah Ketum PSI Kaesang Pangarep untuk memberikan dokumen B1 KWK kepada RK-Suswono untuk maju Pilkada Jakarta 2024. Dia bilang, Kaesang saat ini tengah berada di Amerika Serikat menemani istrinya, Erina Gudono melalukan studi di salah satu universitas di sana.

"Beliau memerintahkan kepada saya untuk menyerahkan B1-KWK, dokumen paling penting dalam tahapan Pilkada. Dengan dokumen ini Bang Emil dan Pak Suswono dapat mendaftarkan diri sebagai calon di pemilihan Pilgub yang akan diselenggarakan," kata Raja Juli.

Raja Juli menyebut, tidak ada keraguan lagi bagi PSI untuk siap memenangkan RK-Suswono di Pilgub Jakarta 2024. RK-Suswono diharapkan dapat memimpin Jakarta ke depan.


Pasangan RK-Suswono Disingkat RIDO

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi mendukun terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono.
Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi mendukun terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono. (Foto: Liputan6.com/Nanda Perdana Putra).

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengungkapkan, singkatan namanya dengan Suswono yang menjadi Bacawagub Jakarta adalah RIDO. RIDO merupakan akronim dari gabungan nama Ridwan-Suswono.

"RIDO itu singkatan dari Ridwan Suswono. Intinya, kita tidak mau takabur, kita tetap berikhtiar, dan memohon ridho Allah SWT agar dilancarkan, diberi keberkahan, dimenangkan, dan akhirnya memberi kemaslahatan selama 5 tahun," kata RK di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024).

Kemudian, terkait dengan slogan Jakarta Baru, hal itu lantaran Jakarta sebentar lagi sudah tidak menjadi ibu kota negara Indonesia, lantaran pindah di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Karena Jakarta tahun ini bukan lagi ibu kota Indonesia. Ibukota Republik Indonesia adalah Nusantara. Di mana saya juga masih bertugas sebagai kurator di IKN. Artinya semua perencanaan saya review, saya evaluasi, agar menjadi kota dunia," ujar RK.

"Jadi per hari ini saya ngurusin kota dari 0. Kira-kira begitu. Nah nanti mengurusi kota yang harus kita sepakati mau ke mana yang namanya Jakarta Baru ini? Kira-kira begitu," sambungnya.


RK Ingin Jakarta Naik Kelas

deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono
Mereka adalah Partai Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki kursi di DPRD DKI Jakarta untuk periode 2024-2029. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dengan sudah tidak lagi menjadi ibu kota Indonesia, mantan Gubernur Jawa Barat ini ingin adanya naik level dari kota metropolitan menjadi kota global.

"Menuju Jakarta maju. Karena kita harus naik kelas dari kota metropolitan menjadi kota global. Harus seperti apa kita definisikan. Jadi slogannya adalah Jakarta Baru, Jakarta Maju," ungkapnya.

"Jadi kalau boleh yel-yelnya bukan nama lengkap lagi, saya teriak Rido, Jakarta Baru, Rido sekali lagi Jakarta maju. Jadi itu nanti kalau menyemangati di lapangan kurang lebih itu lah ya," pungkasnya.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya