Ridwan Kamil Temui Komunitas Betawi Jawara, Diminta Lestarikan Budaya hingga Tata Pasar Kambing

Ridwan Kamil mengatakan, warga ingin budaya lokal Betawi tak dikesampingkan jika Jakarta bakal dijadikan Kota Global.

oleh Winda Nelfira diperbarui 15 Sep 2024, 15:48 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 15:47 WIB
Bakal cagub Ridwan Kamil (RK) bersilaturahmi dengan Komunitas Betawi Jawara Tenabang di wilayah Kebon Melati, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024).
Bakal cagub Ridwan Kamil (RK) bersilaturahmi dengan Komunitas Betawi Jawara Tenabang di wilayah Kebon Melati, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024). (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Ridwan Kamil (RK) bersilaturahmi dengan Komunitas Betawi Jawara Tenabang di wilayah Kebon Melati, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024). Di sana RK juga blusukan ke Pasar Kambing, Kebon Melati.

Menurut RK, warga ingin budaya lokal Betawi tak dikesampingkan jika Jakarta bakal dijadikan Kota Global. RK bilang, aspirasi itu akan ia masukkan ke dalam visi misi maju Pilkada Jakarta 2024.

"InsyaAllah semuanya akan dimasukkan ke visi misi salah satu yang pertama adalah jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah itu pesan dari ayah saya, Babe Idin bahwa Jakarta boleh jadi kota global tapi sejarah jangan dilupakan," kata RK.

Apalagi, kata dia, Tanah Abang dianggap sebagai pusat ekonomi Jakarta sejak lama. RK menyampaikan, banyak warga Betawi yang menjual hewan ternak, seperti kambing.

RK memandang bahwa saat ini kondisi tersebut tak dilestarikan. Dia menilai, kondisi pasar ternak yang dijual oleh pedagang yang mayoritas warga Betawi juga tidak tertata.

"Kondisi hari ini, secara kasat mata kan tidak tertata. Saya cek ternyata lahan pemprovnya banyak, sehingga nanti pasti jadi prioritas Dengan konsep kita yang membangun di atas pasar itu ya," ujarnya.

RK berencana menata pasar-pasar di Jakarta agar lebih nyaman, sehingga menjadi daya tarik bagi warga untuk berbelanja. Dengan begitu, kata dia ekonomi warga juga akan berkembang.

"Nah pasarnya kan beda -beda, nanti ada pasar pakaian, di sini ada pasar ternak, mungkin kulinernya kambing guling dan sebagainya. Sehingga kawasannya jadi rame ekonomi rakyat, ekonomi bersejarah ternak kambingnya dipertahankan, kebutuhan hunian dipenuhi," kata Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Visi Misi Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada 2024: Gaungkan Jakarta Baru Jakarta Maju

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Ridwan Kamil-Suswono tiba di kantor KPU DKI Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ridwan Kamil (RK)-Suswono menjadi salah satu bakal pasangan calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta 2024. Keduanya diusung total 15 partai politik (parpol).

Adapun 15 parpol yang mendukung RK-Suswono yakni Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Prima, PKN, dan Garuda. Lalu, bagaimana visi misi RK-Suswono di Pilkada Jakarta 2024?

Dirilis oleh KPU DKI Jakarta, total visi misi RK-Suswono ada 65 halaman. RK-Suswono mengaungkan slogan 'Jakarta Baru Jakarta Maju'.

Keduanya mengusung visi 'Jakarta Kota Global yang Maju, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan' di Pilkada Jakarta 2024.

Selain itu, keduanya juga memaparkan strategi visi, meliputi peningkatan daya saing SDM, pengentasan kemiskinan dan ketimpangan, peningkatan pendapatan, per kapita, perwujudan Jakarta sebagaiKota Global yang berdaya saing, dan penurunan emisi GRK menuju Net Zero Emission.

Sementara itu, RK-Suswono memiliki lima misi untuk Jakarta. Kelima misi tersebut akan dijabarkan dalam bentuk agenda dan program dengan tujuan sebagai berikut:

1. Mewujudkan ekonomi Jakarta yang inklusif, berdaya saing global, dan berkelanjutan

2. Mewujudkan regulasi dan tata kelola pelayanan publik Jakarta yang berkualitas, harmonis, adaptif, dan berintegritas

3. Mewujudkan stabilitas Jakarta yang tangguh dan berpengaruh di kancah global

4. Mewujudkan Jakarta yang layak huni melalui ketahanan sosial budaya dan ekologis

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya