Momentum Sumpah Pemuda, Cagub Malut Husain Alting Ajak Anak Muda Aktif dalam Pembangunan

Calon Gubernur Maluku Utara, Husain Alting Sjah menegaskan komitmen bersama untuk menjunjung tinggi persatuan dan menjaga kedamaian bagi generasi mendatang.

oleh Tim News diperbarui 28 Okt 2024, 22:31 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 22:30 WIB
Relawan pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Husain Alting Sjah dan Asrul Rasyid Ichsa (Istimewa)
Relawan pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Husain Alting Sjah dan Asrul Rasyid Ichsa (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Relawan pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Husain Alting Sjah dan Asrul Rasyid Ichsa menyebut pentingnya menjaga kerukunan umat beragama di Maluku Utara. Hal tersebut dikatakan oleh Kordinator Presidium Canga Muda, Mujril Musa saat perayaan sumpah pemuda di Tabelo, 28 Oktober 2024.

"Kita mengajak anak-anak muda untuk menjaga kerukunan di Maluku Utara, terutama dalam konteks perbedaan suku dan agama. Kita mempercayakan Bumi Moloku Kie Raha kepada pemimpin yang setia, yang telah berjuang menjaga stabilitas daerah ini, yang tetap bertahan menjaga wilayah ini bahkan di tengah konflik," Kordinator Presidium Canga Muda, Mujril Musa lewat pernyataanya saat acara Ibadah Syukur dan Sukacita bersama Husain Alting Sjah dan Asrul Rasyid Ichsan di Tabelo, Senin (28/10/2024)

Mujril menjelaskan, kegiatan Ibadah Syukur ini mengangkat tema Merawat Persaudaraan dalam bingkai Moloku Kie Raha. Mujril mengatakan, semangat Sumpah Pemuda yang diusung diharapkan dapat membangun masa depan yang lebih baik, dengan kerjasama semua elemen masyarakat.

"Saya berdoa untuk keselamatan dan kemajuan Maluku Utara terutama dibawah kepemimpinan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku utara Jou Husain Alting Sjah dan Asrul Rasyid Ichsan (HAS) bisa lebih maju.

Untuk diketahui, Acara Ibadah Syukur dan Sukacita bersama Jou Husain Alting Sjah dan Asrul Rasyid Ichsan (HAS) ini dibuka melalui sambutan meriah tarian Saloy, yang menggambarkan keseharian masyarakat Maluku Utara.

"Masyarakat Maluku utara kebanyakan dalam berkebun dan membawa hasil laut menggunakan saloy atau tas keranjang, sebagai simbol ketahanan dan kemandirian masyarakat lokal. Ibadah syukur yang dilaksanakan ini tidak hanya momen spiritual, tetapi juga simbol kerukunan antar umat beragama, dengan harapan memperkuat hubungan masyarakat dan pemerintah dalam menjaga keberagaman, " tutur Mujril.

 

Komitmen

Sementara itu, calon Gubernur Maluku Utara, Husain Alting Sjah menegaskan komitmen bersama untuk menjunjung tinggi persatuan dan menjaga kedamaian bagi generasi mendatang. Kata dia, pihaknya akan menjaga kearifan lokal yang ada di Maluku Utara yang sudah melekat turun temurun terutama dalam beragama.

"Siap berkomitmen menjaga kearifan lokal yang ada di Maluku Utara yang sudah melekat turun temurun. Sehingga kedamaian dan kerukunan terus terjaga di Maluku Utara, " jelas dia.

Selain bicara tentang kearifan lokal pada saat acara sumpah pemuda, dia berharap agar anak muda ikut Partisipasi aktif dalam proses demokrasi. Karena peran pemuda angat penting untuk mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik terutama di Maluku Utara.

"Kehadiran pemuda bukan sekadar penggembira, melainkan harus ikut mewarnai dan berkontribusi aktif untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai nilai-nilai demokrasi," dia menandasi.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya