Gedung Menakjubkan di Balik Film James Bond

Menyukai film James Bond? Berikut ini beberapa bangunan memukau yang menjadi lokasi syutingnya.

oleh Isnaini Khoirunisa diperbarui 04 Jan 2016, 22:00 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2016, 22:00 WIB
Rumah.com Gedung Menakjubkan Dibalik Film James Bond
Menyukai film James Bond? Berikut ini beberapa bangunan memukau yang menjadi lokasi syutingnya.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak terpukau melihat aksi agen rahasia James Bond beraksi di setiap seri layar lebarnya?

Dengan kecerdikannya, Bond kerap mengelabui musuh untuk masuk ke dalam markasnya. Meski begitu, misinya tak selalu berlangsung mulus, terkadang kita dikagetkan oleh setiap gerakan yang dekat dengan risiko berbahaya.

Di balik film action tersebut, terdapat beberapa gedung dari seluruh dunia yang dipilih menjadi lokasi syuting film. Berikut ini beberapa gedung dengan desain arsitektural keren di balik film James Bond seperti ditulis pada Senin (6/1/2016) dari artikel www.domain.com.au dan Rumah.com

1. Hotel ESO Residencia di Paranal, Chile
Gedung yang pernah meraih penghargaan ini memiliki struktur yang dibangun dibawah tanah. Foto: Alberto Ghizzi Panizza

Di film Quantum of Solace terdapat adegan ketika Bond hendak ke gurun Atacama Chile untuk berkunjung ke hotel ramah lingkungan milik Dominic Greene. Di film itu Dominic Greene dikisahkan sebagai “pengusaha lingkungan” yang berniat jahat mengontrol suplai air di Bolivia.

Dalam kenyatannya, hotel tersebut adalah penginapan untuk para ilmuwan dan teknisi Paranal Observatory. Para turis diperbolehkan untuk melakukan tur keliling kompleks residensial ini, namun tidak dapat menginap kecuali para pekerja saja.

2. Piz Gloria di Pegunungan Alpen Swiss

Retaurant Piz Gloria 360 derajat Foto: Schilthorn.ch.
Dalam film keenam Bond yang berjudul “On Her Majesty’s Secret Service”, James Bond menjalankan misi masuk ke dalam klinik riset alergi yang terletak di puncak gunung Swiss Alps.

Klinik tersebut menjadi markas dari Ernst Stavro Blofeld, yang merupakan pemimpin organisasi kriminal global bernama Specre.

James Bond yang dikelabui oleh orang Australia George Lazenby, sempat terjebak namun melarikan diri dengan melakukan ski ke daerah Piz Gloria.

Kenyataannya, markas tersebut adalah restoran 360-degree revolving yang bisa berputar 360 derajat dengan pemandangan pegunungan yang indah. Restoran ini hanya bisa dijangkau menggunakan kereta gantung.

3. Hasmima, Jepang

Pada bulan Juni 2015, para turis mengunjungi bagian dari pulau Hashima yang juga dikenal dengan nama Gunkanjima yang artinya Pulau Kapal perang, dekat dari Nagasaki, Jepang Selatan. (Foto: AP Photo/Eugene Hoshiko)
Di film Skyfall, James Bond berlayar menuju pulau sepi di Macau di mana dia hendak dipenjara oleh penjahat Raoul Silva.

Silva yang diperankan oleh aktor Javier Bardem adalah mantan karyawan MI6 yang beralih profesi menjadi seorang teroris cyber yang perannya mirip seperti Joker di film Batman.

Pulau kecil tersebut sebenarnya terletak hanya 15 kilometer dari kota Nagasaki Jepang. Dahulu pada 1880 sempat menjadi lokasi pertambangan batu bara dan semakin lama ramai ditempati oleh penduduk setempat.

Di akhir tahun 1970an, pertambangan tersebut ditutup dan warganya dipaksa untuk meninggalkan pulau tersebut. Kini bangunan tua pun terlihat masih berdiri dengan kondisi yang rusak.

4. Reynolds Bauxite Pier, Jamaika

Markas milik Dr. No Lair sebenarnya adalah pertambangan bauksit di kawasan Jamaika. Foto: 007museum.com
James Bond yang ketika itu diperankan oleh Sean Connery, menjalankan misi ke daerah tropis Jamaika untuk menginvestigasi hilangnya Pimpinan Intelejen Inggris.

Di Jamaika, Bond kemudian ditawan oleh penjahat bernama Dr. No yang tinggal di pulau fiksi bernama Crab Key, yang aslinya terletak di kawasan Ocho Rios.

Pengambilan gambar diambil dekat Ocho Rios di kawasan Reynolds Pier, pertambangan bauksit dimana Bond melarikan diri dengan Bond Girl bernama Honey Ryder.

5. Rumah Elrod, Palm Springs

Elrod House di Palm Spring didesain oleh John Lautner (Foto: Realtor.com)
Di film Diamonds Are Forever, Elrod House digambarkan sebagai villa eksklusif milik Willard Whyte’s yang menjadi lokasi tawanan Bond.

Ketika hendak tiba di rumah, Bond yang diperankan oleh Sean Connery langsung disambut oleh serangan fisik dari dua bodyguard Ernst Stavro.

Adu fisik tersebut dimulai dari ruang loungeroom yang ada dirumah, sebelum Bond tercebur di kolam renang luar ruangan yang memukau.

Elrod House adalah rumah ikonik yang terletak di Palm Spring, di desain oleh arsitek Amerika John Lautner pada 1968.

6. Taj Lake Palace
Hotel mengambang ini adalah markas Octopussy di film James Bond dengan judul nama yang sama.

Kerajaan Taj Lake spektakuler ini terletak di Udaipur India, yang menjadi rumah musuh Bond dan pencuri perhiasan Octopussy.

Dijuluki “istana mengambang”, bangunan rumah ini menjadi rumah dari “Octopus Cult”, markas gerombolan wanita penjahat yang sangat loyal kepada pemimpinnya, Octopussy.

James Bond berhasil menyusup ke istana tersebut dengan cara berenang dan menyamar sebagai buaya.

Kenyatannya, istana yang menjadi lokasi syuting James Bond pada 1983 ini adalah hotel mewah bintang lima yang dilengkapi oleh 83 ruangan. (Isnaini K/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya