Cara Praktis Hasilkan Uang dari Rumah

Membuka usaha di rumah sudah jamak terjadi saat ini. Tertarik? Berikut ini saran dari para ahli.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 16 Sep 2016, 20:07 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2016, 20:07 WIB
20160917-buka usaha di rumah-rumahcom-boy
Membuka usaha di rumah sudah jamak terjadi saat ini. Tertarik? Berikut ini saran dari para ahli.

Liputan6.com, Jakarta Jika selama ini Anda baru sebatas berencana atau malah mungkin kerap menunda-nunda untuk mulai memanfaatkan rumah Anda sebagai tempat usaha, kenapa tidak segera diwujudkan saja?

Apapun jenis usahanya, hasilnya pasti lumayan untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda. Dan sebagai panduan, simak saran-saran dari para ahli berikut ini.

Kenali pangsa pasar Anda

Langkah paling penting untuk memulai usaha rumahan adalah menentukan jenis usahanya dengan melakukan riset yang cukup jeli disekitar kawasan rumah Anda.

“Kuncinya, ketahui apa yang menjadi kebutuhan lingkungan disekitar Anda,” ujar Mike Rini Sutikno, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE).

Misalnya rumah Anda dekat sekolah atau kampus maka bisa mencoba usaha warnet, jika di sekitar rumah Anda banyak tersebar tempat kos bisa coba buka laundry atau rumah makan.

Persiapkan tempatnya

Jika Anda sudah berhasil menemukan jenis usahanya, langkah selanjutnya adalah menyiapkan tempatnya.

Eko Endarto, RFA., Financial Planner dari Finansia Consulting, menyarankan, “Sebaiknya yang tidak membutuhkan tempat terlalu besar sehingga tidak terlalu merepotkan dan tidak menganggu lingkungan sekitar.”

Anda bisa memanfaatkan garasi atau halaman rumah dengan mendekor ulang sesuai keperluan usahanya. Misalnya dengan menempatkan etalase, meja, atau perlengkapan lainnya yang sesuai dengan jenis usahanya.

Dapatkan pemasok

Apapun jenis usaha yang jadi pilihan Anda pastikan bahwa Anda bisa mendapatkan pemasok atau supplier yang bisa memasok kebutuhan usaha Anda.

“Ini bukan masalah sepele karena akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha Anda,” ujar Mike.

Jika produk Anda berupa barang Anda bisa melakukan survei ke produsen atau penyalurnya dengan mempertimbangkan harga dan ketersediaan kelancaran produksinya.

Atau jika produknya jasa seperti tiket, voucher pulsa, Anda bisa memastikan kepada vendornya. “Dan pastikan Anda membuat kesepakatan (tertulis) dengan mereka,” tambah Mike.

Strategi operasional

Setiap usaha tentu harus ada yang mengelola untuk operasionalnya dan ini tentu saja butuh biaya. “Untuk meminimalkan segala pengeluaran dari usaha yang sedang Anda rintis, sebaiknya maksimalkan saja segala sumber daya yang ada,“ saran Mike.

Anda bisa memberdayakan anggota keluarga atau bisa juga asisten rumahtangga di rumah – tentunya dengan pemberian insentif sehingga tidak dianggapnya sebagai beban kerja tambahan.

Lakukan promosi

Usaha yang baru tentu saja tidak banyak orang yang tahu. Anda perlu berpromosi untuk memperkenalkannya. Caranya bisa dengan mendatangi rumah-rumah tetangga atau menyebarkan flyer di sekitar lingkungan tempat usaha.

“Anda juga bisa memanfaatkan situs jejaring sosial di dunia maya,” saran Mike. Dan jangan lupa untuk mendeskripsikan kualitas produk dari usaha yang Anda jalani, alamat jelas, dan kalau memungkinkan diperkuat dengan foto-foto atau tampilan yang menarik.

Kembangkan usahanya

Kunci sukses orang-orang besar adalah tidak pernah puas dengan keberhasilan yang diraihnya. Jadi jika usaha Anda sudah mulai berjalan dan kelihatan mulai menunjukkan hasil jangan berhenti sampai disitu.

“Lakukan diversifikasi usaha untuk memaksimalkan keuntungan Anda dengan manfaatkan pelanggan atau tempat usaha yang sudah mulai dikenal orang,” ujar Eko.

Jika jenis usahanya warnet Anda bisa memanfaatkannya juga dengan menyediakan jasa pengetikan, bahkan dengan aneka minuman dan makanan ringan. Atau Anda juga bisa menggabungkannya seperti café dengan laundry dan lain sebagainya.

Berikan layanan prima

Pembeli adalah raja. Itulah motto yang harus Anda ingat dan terapkan dalam menjalankan usaha. “Sebisa mungkin buat pelanggan Anda merasa nyaman dengan layanan yang ramah dan murah senyum,” ujar Mike.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya